October 18, 2018

Zona Maritim Timur Bakamla RI Peringati Hari Lahir Pancasila

Zona Maritim Timur Bakamla RI Peringati Hari Lahir Pancasila/Intelijen


intelijen – Zona Maritim Timur Bakamla RI turut memperingati Hari Kelahiran Pancasila yang melibatkan personel Kantor Kamla Zona Maritim Timur, KN Kuda Laut 4803, KN Ular Laut 4805, personel Pangkalan Ambon, dan Personel Stasiun Pemantauan Keamanan dan Keselamatan Laut (SPKKL) mana aja ya ya spkkl yg ikutan Pak?. Peringatan tersebut dituangkan dalam prosesi Upacara Hari Kelahiran Pancasila di Pangkalan Kapal Patroli, Halong, Ambon, Jumat (1/6/2018).

Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur Vetty V. Salakay, S.H., M. Si. bertindak sebagai Inspektur Upacara. Pada kesempatan ini Inspektur Upcara membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo yang menjelaskan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan, pemikiran dan kejernihan batin para pemerkasa pendiri Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Lebih lanjut, Peringatan Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. “Marilah terus kita amalkan warisan mulia para founding fathers ini untuk kemajuan bangsa dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia”, ujar Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Timur.

Pelaksanaan upacara turut disemarakkan dengan Yel-Yel Zona Maritim Timur yang dibawakan oleh seluruh peserta upacara.

Hadir pula pada kegiatan ini Kepala Pangkalan Ambon Kolonel Laut (P) Edi Eka, Kabag Umum Kantor Kamla Zona Maritim Timur Letkol Laut (KH) Drs. Paseh Mawardi, Kepala Bidang Operasi Kantor Kamla Zona Maritim Timur Letkol Laut (P) Siswo Widodo, S.T., serta Kepala Bidang Informasi, Hukum dan Kerjasama (Kabid. Inhuker) Kantor Kamla Zona Maritim Timur AKBP. Julius Marlatu Aponno, S.H.

 

 

Red

Share Button

Related Posts