December 11, 2018

Waktu dan Tempat Pertemuan Trump-Jong Un Akan Segera Diumumkan

Kim Jong un dan Donald Trump


intelijen – Waktu dan tempat pertemuan puncak Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong-un, dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. Hal itu diungkapkan langsung oleh orang nomor satu AS itu.

Meski begitu Trump tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang pertemuan, di mana ia akan mencoba rezim Korut menghentikan program nuklir dan misilnya.

“Saya ingin mendapatkan perdamaian. Hal utama – kami ingin mendapatkan kedamaian. Kita akan lihat,” kata Trump kepada wartawan selama acara di Gedung Putih.

“Kami sedang mengatur pertemuan sekarang dan saya pikir mungkin itu, lokasi dan tanggal, akan diumumkan dalam beberapa hari,” imbuhnya seperti dikutip dari CNBC, Rabu (2/5/2018).

Saat ditanya tentang pernyataan Trump, sekretaris pers Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan daftar lokasi pertemuan potensial telah “menciut.” Ia bilang ia mengharapkan dapat mengumumkannya “segera.”

Pada hari Jumat, Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in bertemu tentang denuklirisasi Korut. Namun keduanya tidak memberikan rincian tentang bagaimana mereka merencanakan untuk mencapainya. Pasangan ini menandatangani deklarasi yang mengatakan mereka mencari “denuklirisasi penuh Semenanjung Korea.”

Pada hari Sabtu, Trump mengatakan dia memiliki “pembicaraan yang panjang dan sangat baik” dengan Moon Jae-in. Dalam sebuah tweet, dia mengatakan “semuanya berjalan lancar.”

AS, Korsel, dan sekutunya telah mendorong Korut untuk menghentikan program nuklir dan rudalnya. Mereka telah menggunakan sanksi ekonomi yang terus meningkat untuk mencoba menekan Pyongyang.

Trump telah berulang kali mendorong China, yang telah membantu kehidupan ekonomi bagi Korut, untuk berbuat lebih banyak untuk menekan mitranya tersebut.

Trump mengatakan bahwa, terlepas dari di mana pertemuan itu berlangsung, ia ingin mencapai perdamaian.

“Yang utama adalah menyelesaikannya. Saya ingin menyelesaikannya,” tegasnya.

Share Button

Related Posts