May 24, 2018

Waaster Panglima TNI Buka Penataran Kemampuan Teritorial Potmar

Penataran Kemampuan Teritorial Potmar/Intelijen


intelijen – Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Panglima TNI Brigjen TNI (Mar) Purnomo mewakili Aster Panglima TNI Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A. membuka pelaksanaan Penataran Kemampuan Teritorial Potmar (Potensi Maritim) yang diikuti oleh 300 Prajurit TNI Angkatan Laut, bertempat di Pusat Pendidikan Teritorial Angkatan Darat (Pusdikterad), Bandung, Jawa Barat, Selasa (17/4/2018).

Dalam amanat tertulis Aster Panglima TNI yang dibacakan Brigjen TNI (Mar) Purnomo menyampaikan bahwa dengan hadirnya Staf Teritorial TNI AL diharapkan kekuatan TNI yang digelar secara kewilayahan akan mampu merespon setiap ancaman yang mungkin timbul di wilayah masing-masing. “Kepada seluruh aparat Komando Kewilayahan TNI AL agar senantiasa mengoptimalkan tugas-tugas yang terkandung dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yaitu dengan meningkatkan peran dalam melaksanakan kegiatan teritorial TNI,” harapnya.

Menurut Aster Panglima TNI, kegiatan teritorial TNI yang dimaksud yaitu : Pertama, melaksanakan serbuan teritorial melalui pembinaan potensi maritim wilayah dan mendukung program pemerintah berupa swasembada pangan dan poros maritim. Kedua, melaksanakan pembinaan ketahanan maritim wilayah dengan mengoptimalkan deteksi dini dan cegah dini terhadap setiap ancaman yang dapat mengganggu dan merugikan kepentingan nasional.

Ketiga, meningkatkan kegiatan Komsos TNI secara intensif dengan mensosialisasikan ancaman nyata (proxy war) kepada semua elemen bangsa agar tercipta suasana yang kondusif, aman dan damai. Keempat, membantu pemerintah daerah dalam kegiatan kemanusiaan (civic mission), penanggulangan akibat bencana, merehabilitasi alam dan infrastruktur. Kelima, melaksanakan dan membantu pengungsian, pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan/ search and rescue (SAR), serta pengamanan pelayaran dan penerbangan.

Selanjutnya Aster Panglima TNI mengharapkan, pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan oleh Staf Potensi Maritim dan jajarannya dapat terus dilanjutkan melalui penataan organisasi dengan pemenuhan personel, penyusunan doktrin piranti lunak dan doktrin Binpotmar dan penyempurnaan organisasi. Selain itu, perlu pentingnya meningkatkan kompetensi personel komando wilayah TNI AL khususnya aspek Binpotmar dan Komsos melalui penyelenggaraan berbagai kegiatan antara lain operasi bhakti TNI AL, pembinaan pertahanan wilayah, Komsos dan peningkatan kerja sama dengan semua komponen masyarakat.

Didasari oleh pentingnya peningkatan pembinaan kemampuan teritorial personel TNI AL, khususnya aparat komando kewilayahan serta demi memenuhi tuntutan tantangan tugas di masa datang, Aster Panglima TNI memberikan beberapa penekanan untuk menjadi pedoman selama mengikuti penataran. Pertama, ikuti dan laksanakan kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dilandasi komitmen kesadaran dan tanggung jawab yang tinggi. Kedua, catat dan pahami serta tanyakan berbagai hal yang belum dimengerti, sehingga proses transformasi materi, dapat diterima secara maksimal. Ketiga, curahkan perhatian dan pikiran hanya untuk belajar dan berlatih, serta hindari melakukan pelanggaran selama mengikuti penataran.

Penataran yang dilaksanakan selama tiga hari tanggal 17 s.d. 19 April 2018, mengangkat tema, “Melalui Pembinaan Kemampuan Teritorial Potensi Maritim T.A. 2018, Kita Tingkatkan Kemampuan Pembinaan Potensi Maritim Aparat Komando Wilayah (Apkowil) dan Aparat Non Komando Wilayah (Apnonkowil) TNI AL untuk Menyiapkan Ruang Alat dan Kondisi Juang Yang Tangguh.”

Tujuan dilaksanakannya penataran yaitu untuk meningkatkan kemampuan pembinaan potensi maritim Apkowil dan Apnonkowil TNI AL dalam rangka menyiapkan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh guna mewujudkan Sistem Pertahanan Semesta (Sishanta). Selain itu melalui kegiatan ini juga diharapkan dapat menyamakan persepsi bagi seluruh Perwira TNI AL tentang implementasi dari Pokok-Pokok Kebijakan Panglima TNI di bidang teritorial serta meningkatkan pemahaman dan pendalaman materi teritorial kepada seluruh Perwira TNI AL.

Kegiatan penataran diisi dengan materi teori dan praktek lapangan ke Koramil-Koramil di wilayah Kodam III/SLW serta ceramah-ceramah dari para pejabat terkait antara lain Asisten Pembinaan Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal, Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) Kasal, Asisten Teritorial (Aster) Kasad, Assisten Potensi Dirgantara Kepala Staf Angkatan Udara (Aspotdirga) Kasau Dan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad).

 

 

Red

Share Button

Related Posts