April 21, 2018

Twitter Tiba-Tiba Matikan Akun Bitcoin, Kenapa?

ilustrasi


intelijen – Twitter akhirnya secara resmi mematikan akun resmi milik Bitcoin dari platform media sosial mereka. Namun pihak Twitter berdalih, akun ini tidak akan dinonaktifkan, hanya akan dipindah dari satu pengguna ke pengguna lain.

Hal ini terjadi diawali dari ketidakjelasan identitas dari pemilik akun tersebut. Awalnya akun @Bitcoin dikendalikan seorang pengguna anonim, lalu diambil alih oleh orang yang mengaku berkebangsaan Turki, kemudian orang yang mengaku berkebangsaan Rusia.

Melihat adanya hal tersebut, pada akhirnya pihak Twitter mengembalikan akun tersebut ke pemilik aslinya pada Senin (9/4/2018).

“Kami tak bisa berkomentar mengenai akun individu jadi tak ada (informasi) yang bisa dibagikan,” ujar juru bicara Twitter, seperti dikutip dari laman The Verge, Selasa (10/4/2018).

Mendengar hal tersebut, pemilik awal akun tersebut mengomentari hal ini secara ketus. Dia menganggap pernyataan tersebut omong kosong dan menuntut penjelasan lebih lanjut dari pihak Twitter.

“Saya ingin tahu mengapa akun saya diberikan ke orang lain,” ujar sang pemilik.

Dia mengaku, atas kejadian ini, dirinya mengalami kerugian yang cukup besar. Hal ini dikarenakan dia mengaku telah kehilangan lebih dari 750 ribu pengikutnya lenyap saat dikembalikan ke tangannya.

Sekadar informasi, akun @Bitcoin dikabarkan memiliki lebih dari 821 ribu pengikut saat pertama dimatikan. Lalu, para pengikut dari akun tersebut dikabarkan menghilang.

Namun tampaknya, pihak Twitter sudah mengembalikan pengikut akun @Bitcoin tersebut. Tapi, hal tersebut tampaknya tetap membuat sang pengguna kesal.

Selain itu, ada juga teori konspirasi lain yang menyebut jika CEO Twitter, Jack Dorsey telah melakukan investasi di salah satu pesaing Bitcoin, yakni Lightning Labs dengan menyuntikkan dana sebesar USD2,5 juta atau sekira Rp34 miliar. Hal ini ditengarai menjadi alasan ditutupnya akun @Bitcoin tersebut.

Share Button

Related Posts