May 24, 2018

Trump Tidak Sabar Pindahkan Kedubes AS ke Yerusalem

Donald Trump


intelijen – Presiden Donald Trump mengatakan ia menantikan waktu pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) ke Yerusalem bulan depan. Ia menyatakan hal itu dengan bersemangat di akun Twitter-nya, jelang pembukaan fasilitas sementara pada 14 Mei mendatang atau tepat tanggal Hari Kemerdekaan Israel ke-70.

Menandai Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam postingannya, Trump berterima kasih kepada orang-orang Israel dan menyatakan AS memiliki tidak ada teman yang lebih baik (selain Israel) di mana saja.

“Salam hangat untuk Perdana Menteri Netanyahu dan semua orang Israel pada HUT ke-70 Kemerdekaan Anda yang hebat. Kami tidak punya teman yang lebih baik di mana saja. Berharap untuk memindahkan Kedutaan Besar kami ke Yerusalem bulan depan!” cuit Trump seperti dikutip dari Russia Today, Kamis (19/4/2018).

Sebuah markas konsulat di lingkungan Arnona Yerusalem telah diubah menjadi tempat kedutaan AS. Situs ini akan menjadi tuan rumah kantor Duta Besar AS dan kantor kecil sejumlah staf. Ada rencana untuk menambahkan bagian lain pada akhir 2019.

Keputusan untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada bulan Desember menggambarkan hancurnya kebijakan resmi AS untuk menjadi penengah independen dalam perselisihan Israel-Palestina. Langkah itu juga memicu protes keras dari Palestina selama beberapa minggu di Tepi Barat dan Jalur Gaza.

Majelis Umum PBB mengesahkan sebuah gerakan yang mengutuk pengumuman Trump dengan 128 negara berbanding sembilan negara yang mendukung pengumuman itu, sementara 35 lainnya abstain.

Share Button

Related Posts