October 20, 2018

Trump Minta Pentagon Pertimbangkan Kurangi Pasukan AS di Korsel

Pasukan Elit AS. (ist)


intelijen – Presiden Donald Trump telah memerintahkan Pentagon untuk menyiapkan opsi untuk mengurangi jumlah pasukan Amerika Serikat (AS) di Korea Selatan (Korsel). Begitu laporan yang diturunkan New York Times mengutip beberapa orang pertemuan untuk membahas pertimbangan tersebut.

Mengurangi tingkat pasukan AS tidak dimaksudkan untuk menjadi tawar-menawar dalam pertemuan Trump dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un. Pertemuan ini direncanakan akan dihelat pada akhir Mei atau awal Juni terkait program senjata nuklir Pyongyang.

“Para pejabat mengatakan, bagaimanapun, bahwa perjanjian damai antara kedua Korea dapat mengurangi kebutuhan akan 23.500 tentara AS yang saat ini ditempatkan di semenanjung itu,” kutip Reuters dari New York Times, Jumat (4/5/2018).

“Penarikan penuh pasukan AS tidak mungkin, kata para pejabat,” sambung laporan tersebut.

Namun laporan ini dibantah oleh kantor kepresidenan Korsel. Dalam sebuah pernyataan, kantor kepresidenan Korsel mengatakan bahwa seorang pejabat Dewan Keamanan Nasional AS mengatakan kepada seorang pejabat Korsel yang berkunjung ke Washington melalui telepon bahwa laporan itu salah.

Gedung Putih dan Pentagon sendiri tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari laporan tersebut.

Trump mengatakan AS harus mempertimbangkan mengurangi jumlah pasukan di Korsel kecuali jika Seoul lebih banyak menanggung biaya.

Kemudian Direktur CIA Mike Pompeo, sebelum menjabat sebagai Menteri Luar Negeri AS, bertemu dengan Kim Jong-un bulan lalu dan melaporkan bahwa pemimpin Korut tidak menuntut penarikan semua pasukan AS sebagai prasyarat untuk pertemuan puncak dengan Trump.

Sebelumnya, Korsel mengatakan bahwa isu pasukan AS yang ditempatkan di Selatan tidak terkait dengan perjanjian perdamaian di masa depan dengan Korut dan pasukan Amerika harus tetap meskipun perjanjian tersebut ditandatangani.

Share Button

Related Posts