November 13, 2018

Trump Ancam Tembak Migran yang Melempar Batu ke Militer AS

Donald Trump (afp)


intelijen – Tentara Amerika Serikat (AS) yang dikerahkan ke perbatasan Meksiko dapat menembak migran yang melempari mereka dengan batu ketika berusaha menyeberang secara ilegal. Peringatan itu dilontarkan oleh Presiden AS Donald Trump.

Trump mengatakan bahwa sekelompok dari beberapa ribu migran yang berjalan melalui Meksiko menuju perbatasan AS telah melempar batu dengan kejam dan kasar ke polisi Meksiko.

“Kami tidak akan membiarkan hal itu. Mereka ingin melempar batu ke militer kami, militer kami akan melawan balik,” katanya.

“Saya mengatakan kepada mereka (pasukan) menganggap (sebuah batu) sabagai sebuah senapan. Ketika mereka melemparkan batu seperti yang mereka lakukan di militer dan polisi Meksiko, saya katakan anggap sebagai senapan,” cetusnya seperti dikutip dari AFP, Jumat (2/11/2018).

Trump berbicara saat memperkenalkan kebijakannya yang kontroversial tentang menindak tegas apa yang dikatakannya sebagai imigran ilegal yang tidak terkendali.

Dihubungi untuk dimintai komentar, juru bicara Pentagon, Letnan Angkatan Darat, Jamie Davis mengatakan militer tidak akan membahas situasi hipotetis tentang penggunaan kekuatan.

“Tetapi pasukan kami adalah para profesional terlatih yang selalu memiliki hak yang melekat pada pertahanan diri,” ujarnya.

“Saya juga akan menekankan bahwa pasukan kami mendukung DHS/CBP, yang melakukan kegiatan penegakan hukum,” tambahnya, mengacu pada Departemen Keamanan Dalam Negeri (DHS) serta Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan (CBP).

Share Button

Related Posts