February 24, 2019

Trump Ancam Hancurkan Ekonomi Turki jika Gempur Kurdi di Suriah

Donald Trump (ist)


Trump membuat keputusan untuk menarik sekitar 2.000 tentara Amerika dari Suriah pada bulan lalu, di tengah konsultasi dengan militer Turki mengenai rencana operasi mereka di Suriah. Penasihat Keamanan Nasional John Bolton bahkan mengatakan bahwa pasukan AS tidak akan meninggalkan Suriah sampai Turki menjamin keselamatan milisi Kurdi yang didukung AS.

Turki, bagaimanapun, tetap berkomitmen kuat untuk menghilangkan apa yang mereka sebut ancaman teroris Kurdi yang datang dari lembah Sungai Eufrat, dan secara aktif mempersiapkan kemungkinan operasi lintas-perbatasan. “Persiapan kami berlanjut dengan intens,” kata Menteri Pertahanan Turki Halusi Akar.

“Kami tidak memiliki masalah dengan saudara-saudara Kurdi kami, saudara-saudara Arab di Suriah, Turkmen dan kelompok etnis serta agama lainnya. Satu-satunya target kami adalah teroris Daesh dan PKK/YPG,” imbuh Akar.

Ankara melihat Unit Perlindungan Kurdi (YPG) yang merupakan bagian dari SDF sebagai perpanjangan dari gerakan PKK Kurdi. Bagi Ankara, PKK Kurdi dan sayapnya adalah organisasi teroris yang selama beberapa dekade telah mengobarkan pemberontakan di Turki.

Share Button

Related Posts