December 12, 2018

Trump-Abe Kompak: Senjata Nuklir Korut Harus Dibongkar

Bom Hidrogen Korut


intelijen – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe setuju bahwa penting untuk sepenuhnya membongkar senjata nuklir Korea Utara (Korut) dan program rudal balistiknya. Demikian yang dikatakan oleh Gedung Putih.

Para pemimpin AS dan Jepang akan bertemu sebelum pertemuan puncak dengan pemimpin Korut, Kim Jong-un, yang kembali sesuai jadwal pada 12 Juni di Singapura hanya beberapa hari setelah Trump mengumumkan ia membatalkannya.

Abe dan Trump berbicara melalui telepon sehari setelah para pejabat AS dan Korut bertemu di sebuah desa gencatan senjata di perbatasan untuk mempersiapkan KTT.

“Selama pembicaraan telepon itu, keduanya membahas perkembangan terakhir di Korea Utara dan menegaskan mereka akan bertemu lagi untuk melanjutkan koordinasi lebih dekat sebelum pertemuan yang diharapkan antara Amerika Serikat dan Korea Utara,” kata pernyataan Gedung Putih.

“Presiden dan perdana menteri Jepang menegaskan keharusan bersama untuk mencapai pembongkaran lengkap dan permanen senjata nuklir, kimia dan biologi Korea Utara serta program rudal balistik,” imbuhnya pernyataan itu seperti dikutip dari AFP, Selasa (29/5/2018)

Washington ingin Korut segera menyerahkan semua senjata nuklirnya dengan cara yang dapat diverifikasi sebagai imbalan atas sanksi dan bantuan ekonomi.

Sementara Pyongyang memiliki pandangan yang berbeda tentang denuklirisasi. Korut masih menyimpan kekhawatiran negaranya menjadi rentan jika menyerahkan senjata nuklir, terutama ketika AS mempertahankan kehadiran militer yang kuat di Korea Selatan (Korsel).

Share Button

Related Posts