December 18, 2018

Tol Manado-Bitung Runtuh, Gerindra: Ini Akibat Pembangunan Dipakai Semata untuk Pencitraan

Tol Manado-Bitung (merdeka)


intelijen – Proyek infrastruktur Pemerintahan Joko Widodo kembali bermasalah. Terbaru, proyek jalan Tol Manado-Bitung di Tumaluntung, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, runtuh. Korban jiwa kembali jatuh.

Partai Gerindra di akun Twitter @Gerindra menyesalkan runtuhnya jalan tol yang dikerjakan secara kejar tayang itu.

“Runtuhnya proyek jalan tol di Minahasa Utara dan menimbun tiga pekerja proyek akibat proyek kejar tayang yang dilakukan Pemerintahan Jokowi. Pasalnya, pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan di rezim ini tidak dikerjakan dengan profesional,” demikian pernyataan sikap @Gerindra.

Seharusnya, bila setiap proyek dikerjakan secara profesional dan dengan perencanaan yang matang kejadian rubuhnya tol tidak terulang. Apalagi rubuhnya pekerjaan infrastruktur sudah sering memakan korban jiwa.

Partai Gerindra menilai, pembangunan kejar tayang era Jokowi semata untuk pencitraan. “Inilah akibat pembangunan dipakai semata untuk pencitraan, rakyat jadi korban. Dan jika sudah seperti ini pasti akan saling menyalahkan, Pemerintah menyalahkan kontraktor, kontraktor menyalahkan perencanaan. Dan pada akhirnya yang disalahkan alam,” tulis @Gerindra.

Gerindra juga menyorot rubuhnya jembatan yang menghubungkan wilayah Babat-Widang di Tuban, Jawa Timur. “Kejadian di Tuban ini juga menunjukkan kontrol terhadap jalan-jalan yang sudah ada lemah. Pemerintah jangan hanya konsentrasi pada infrastruktur baru yang belum jelas manfaatnya,” tegas @Gerindra.

Di sisi lain, rubuh jembatan Tuban, juga menunjukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tidak melakukan pengawasan terhadap barang-barang yang dibawa pengangkut truk, sehingga kelebihan muatan dan akibatnya jembatan ambruk.

“Pemerintah juga harus menyadari, kenaikan BBM maupun yang lainnya membuat truk mencuri tonase untuk efetivitas menekan harga transportasi semakin tinggi. Termasuk dampak tidak langsung kenaikan BBM, mengefektifkan transportasi itu dengan mencuri tonase dapat merusak jalan,” beber @Gerindra.

Share Button

Related Posts