May 25, 2018

Tiga Operasi Gagal Mossad Israel yang Memalukan

Badan Intelijen Israel, Mossad


intelijen – Mossad, badan intelijen Israel sedang jadi sorotan dunia setelah diklaim sukses mencuri arsip pembuatan bom nuklir Iran yang disembunyikan di sebuah gudang rahasia di selatan Teheran. Namun, di balik ketenaran ini ada beberapa kegagalan operasi yang memalukan korps intelijen negara Yahudi ini.

Mossad, yang nama panjangnya Ha-Mossad le-Modiin ule-Tafkidim Meyuhadim sudah lama diselimuti misteri dan mitologi di kalangan intelijen internasional karena berada di belakang beberapa operasi rahasia paling berani pada abad yang silam. Hanya beberapa yang terungkap dan seringkali sengaja diungkap beberapa tahun kemudian setelah operasi.

Israel biasanya menahan diri untuk mengeksploitasi kebocoran data dari kelompok intelijen global yang bersumber dari komunitas intelijennya. Musababnya, merusak mistik dari Mossad. Sumber-sumber intelijen Israel juga kerap takut mengungkap operasi rahasia badan tersebut.

Namun, aksi pencurian arsip program bom nuklir Iran oleh Mossad telah dikonfirmasi Amos Yadlin, mantan kepala intelijen militer Israel. Menurutnya, penyitaan arsip itu adalah kudeta yang sangat mengesankan yang mengirim pesan bahwa intelijen Israel dapat menembus rahasia terdalam Teheran.

“Kontra intelijen di Iran akan bekerja sangat keras untuk menutup celah ini,” katanya.

Kendati demikian, ada tiga kegagalan operasi Mossad yang terkenal dan dianggap memalukan badan intelijen Israel tersebut. Tiga operasi ini adalah;

1. Operasi Pasca-Black September

Pada tanggal 5 September 1972, para anggota kelompok “Black September” Palestina menyerang orang-orang Israel di Olimpiade Munich. Kelompok ini menewaskan seorang atlet dan seorang pelatih serta menyandera sembilan orang lainnya.

Para sandera tewas kemudian selama upaya penyelamatan pasukan Jerman yang gagal di sebuah lapangan udara militer di luar Munich. Secara keseluruhan, 11 orang Israel tewas dalam pengepungan yang mengejutkan dunia dan mengantar era baru terorisme global.

Share Button

Related Posts