December 10, 2018

Terserang Bug, Password Pengguna Instagram Bocor

Instagram


intelijen – Instagram dikabarkan mengalami kebocoran kemananan (bug) yang bisa menampilkan beberapa password pengguna bocor. Hal itu diketahui dari seorang juru bicara Instagram yang mengatakan bahwa masalah itu ditemukan secara internal dan hanya berdampak pada beberapa orang.

Bug tersebut terkait dengan fitur baru Instagram yang dirilis bulan April lalu. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengunduh semua konten yang pernah diunggah, seperti foto, video, stories dan pesan.

Fitur ini dirilis setelah adanya Regulasi Perlindungan Data Umum (GDPR) yang ditetapkan parlemen Eropa.

Menurut Instagram, beberapa pengguna yang menggunakan fitur itu memasukkan kata sandi mereka dalam URL di browser. Kata sandi tersebut tersimpan di server Facebook yang menjadi perusahaan induk Instagram.

Seorang peneliti keamanan mengatakan bahwa kejadian seperti ini hanya mungkin jika Instagram menyimpan kata sandirnya dalam teks bahasa, yang bisa menjadi masalah kemanan yang lebih besar lagi. Namun pihak Instagram langsung membantah tudingan tersebut.

Instagram mengatakan bahwa sejak itu telah memperbaiki fitur sehingga kata sandi tidak akan bocor. Selain itu Instagram jgua memberi tahu pengguna bahwa mereka harus mengubah kata sandi sebagai tindakan pencegahan.

Instagram juga meyakinkan bahwa bocornya password ini tak sampai diketahui oleh pihak luar. “Informasi ini tidak terekspos kepada orang lain, dan kami telah melakukan perubahan sehingga tidak terjadi lagi hal semacam ini,” kata juru bicara Instagram seperti dikutip dari The Verge, Selasa (20/11/2018).

Share Button

Related Posts