October 18, 2018

Temui Trump, Kim Jong-un Bakal Dilindungi Jet Tempur China

Jet tempur China berjenis J-11.


intelijen – Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un akan dilindungi pesawat-pesawat jet tempur China selama penerbangan ke Singapura untuk bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Sumber-sumber militer Korea Selatan mengungkap hal itu.

Pertemuan kedua pemimpin untuk menyelesaikan krisis nuklir Pyongyang akan berlangsung di Pulau Sentosa, Singapura, pada 12 Juni 2018.

Seorang pejabat Angkatan Udara Korea Selatan mengatakan kepada South China Morning Post (SCMP) bahwa pesawat-pesawat jet tempur China akan mengamankan jalur penerbangan Kim menuju lokasi pertemuan.

“Mengawal (kepala negara) dengan jet adalah salah satu protokol keamanan tertinggi yang dapat disediakan oleh angkatan udara,” kata sumber militer Korea Selatan kepada SCMP, yang dikutip Jumat (8/6/2018).

“Mungkin ini pesan yang ditujukan kepada aliansi AS-ROK (Republik Korea atau Korea Selatan) bahwa Cina pendukung kuat rezim Kim.”

Surat kabar yang berbasis di Hong Kong, yang diakuisisi oleh Alibaba Group pada bulan Desember 2015, juga melaporkan bahwa Beijing berusaha memperluas pengaruhnya atas Pyongyang menjelang pertemuan bersejarah tersebut.

Dalam beberapa bulan terakhir, AS, Korea Selatan dan Korea Utara telah terlibat dalam pertemuan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Rentetan aksi diplomatik ini membawa harapan bahwa Perang Korea akan resmi diakhiri sekaligus mengurangi risiko konflik nuklir di sekitar Semenanjung Korea.

Sementara itu, pada hari Kamis, Wall Street Journal melaporkan bahwa Trump muak mendengar laporan yang menyebut bahwa dia lemah di mata China. Laporan itu yang diduga memicu Trump untuk meminta penasihatnya dalam pertemuan 22 Mei agar “bergerak” dengan memberlakukan tarif lebih terhadap Beijing sebagai mitra untuk memaksakan konsesi perdagangan.

Share Button

Related Posts