December 13, 2018

Telegram di Desktop Bocorkan Alamat Internet

Telegram


intelijen – Telegram dikenal dengan reputasinya yang ketat menjaga privasi dan keamanan. Namun tetap saja, ada celah keamanan dari layanan ini.

Seorang peneliti keamanan bernama Dhiraj Mishra, menemukan bahwa aplikasi Telegram di desktop, membocorkan alamat internet protocol (IP) selama melakukan panggilan suara karena jaringan peer-to-peer.

Sementara pengguna aplikasi Telegram di mobile bisa mematikan panggilan peer-to-peer dan menjaga informasi mereka tetap rahasia, pengguna di desktop tidak punya pilihan untuk menonaktifkannya.

Berdasarkan laporan yang dikutip dari Engadget, Selasa (2/10/2018) tersebut, hal ini mengungkap lokasi si IP si pengguna dan membuka jalan terjadinya serangan cyber.

Menanggapi laporan ini, Telegram segera merilis update 1.3.17 beta dan versi 1.4. Pada update ini, pengguna diberi opsi menonaktifkan panggilan peer-to-peer sepenuhnya, atau membatasinya hanya pada orang-orang yang ada di dalam kontak.

Atas laporan tersebut, Mishra dihadiahi USD 2.300 atau sekitar Rp 34,4 juta oleh Telegram. Celah ini mengingatkan bahwa kita tidak bisa mengasumsikan sebuah aplikasi sangat aman hanya karena reputasinya, bahkan meski sebagian besar kebijakannya sangat ketat.
Sumber: Detik

Share Button

Related Posts