May 26, 2018

Sudrajat-Syaikhu Bisa Jadi Kuda Hitam di Pilgub Jabar

Sudrajat-Ahmad Syaikhu


intelijen – Elektabilitas pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) dan TB Hasanuddin – Anton Charliyan (Hasanah) meroket berdasarkan survei Indonesia Development Monitoring (IDM). Mereka mengalahkan pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Duo DM).

Hasil tersebut cukup mengejutkan. Pasalnya, dalam beberapa survei sebelumnya, justru pasangan Rindu dan Duo DM yang kerap bersaing di posisi teratas. Sementara Asyik dan Hasanah masih berkutat di posisi tiga dan empat.

Pengamat politik dari Unpad Firman Manan mengatakan, hasil survei memang bisa saja berbeda dari sebelumnya. Sebab, kata dia, karakteristik pemilih di Jawa Barat bisa berubah dari waktu ke waktu. Selain itu, lanjut Firman, IDM membagi tiga wilayah di Jabar sehingga hasilnya bisa berbeda dengan survei sebelumnya.

“Kecenderungan pemilih saat survei bisa berbeda. Karena karakteristik pemilih di Jabar itu berubah-ubah. Tingkat perubahannya sangat tinggi. Jadi kemungkinan pasangan Asyik dan Hasanah melejit mengalahkan Rindu dan Duo DM bisa terjadi,” kata Firman saat dihubungi, Minggu (29/4/2018).

Firman mengatakan, selain faktor karakter pemilih yang berubah-ubah, naiknya elektabilitas Asyik dan Hasanah boleh jadi karena keduanya berhasil memaksimalkan tiga hal yakni kerja keras, efektivitas mesin partai dan sosialisasi visi misi.

“Paling tidak ada tiga hal yang bisa menaikkan elektabilitas pasangan Asyik dan Hasanah. Pasangan Asyik dan Hasanah bisa jadi sudah bekerja keras, kemudian mesin partai sudah efektif, serta visi misi yang sudah tersosialisasi dengan baik ke masyarakat,” kata Firman.

Lebih lanjut Firman menambahkan, jika kerja keras, efektivitas mesin partai, serta sosialisasi visi misi memang sudah berjalan maksimal, Asyik dan Hasanah berpotensi jadi kuda hitam di Pilgub Jabar. Apalagi, lanjut dia, pasangan Asyik punya PKS yang sudah dua kali memenangkan Ahmad Heryawan jadi gubernur Jabar.

“Saya kira perjalanan masih panjang. Sepanjang tiga hal itu bisa dipenuhi, Asyik dan Hasanah bisa jadi kuda hitam di Pilgub Jabar 2018,” kata Firman.

 
Red

Share Button

Related Posts