December 12, 2018

Staf JK Ungkap Menteri Jokowi Bakal Mundur, Pengamat: Bukti Pemerintahan Jokowi tak Sehat

Joko Widodo dan Jusuf Kalla (ist)


intelijen – Staf Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) Sofyan Wanandi mengungkapkan rencana mundurnya beberapa menteri di Kabinet Kerja Joko Widodo. Rencana itu menjadi sinyal bahwa Pemerintahan Jokowi sudah tidak kondusif lagi.

Kesimpulan itu disampaikan pengamat politik Muslim Arbi kepada intelijen (05/07). “Di era SBY, tidak ada menteri yang mau mundur dan mencoba menjadi caleg,” kata Muslim Arbi.

Menurut Muslim, rencana mundurnya sejumlah menteri memunculkan persepsi bahwa Jokowi tidak mau mendengarkan masukan dari para pembantunya. “Tampaknya, sikap Jokowi hanya berdasarkan kemauan sendiri, dan jika para pembantunya ingin bertahan, maka diberi tafsiran-tafsiran pembenar walaupun salah,” papar Muslim.

Di sisi lain, kata Muslim, rencana mundurnya beberapa menteri menandakan adanya “ketimpangan pemikiran”. “Menterinya pengalaman dan bergelar doktor, sedangkan presidennya bergelar S1. Ditambah lagi minim pengalaman dan maunya sendiri,” sindir Muslim.

Muslim, mengingatkan, sementara ini ada pandangan bahwa di lingkungan Jokowi hanya para “penjilat” yang masih bertahan. “Ada yang bisa bertahan asalkan jadi penjilat,” pungkas Muslim.

Sebelumnya, Sofjan Wanandi mengungkapkan rencana sejumlah menteri yang bakal mundur dan meninggalkan Presiden Joko Widodo di jelang tahun terakhir pemerintahan.

“(Saat ini) belum waktunya. Mereka bisa (mundur), tapi saya pikir tidak akan banyak,” ujar Sofjan di Kantor Wakil Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan (04/07).

Red

Share Button

Related Posts