October 20, 2018

Sosiolog: Supaya Makin Ramai, Selain Ali Mochtar Ngabalin Lantik Ruhut Sitompul jadi Jubir Jokowi

Moeldoko (tribunnews)


intelijen – Kantor Staf Presiden (KSP) mengangkat politikus Golkar Ali Mochtar Ngabalin sebagai tenaga ahli KSP. Kepala Staf Presiden Moeldoko menegaskan, Ngabalin menjadi salah satu tenaga profesional baru yang akan membantunya dalam komunikasi politik kepada publik.

Pengangkatan Ngabalin memunculkan berbagai spekulasi, mengingat Ngabalin sering bersuara keras mengecam Joko Widodo.

Sosiolog Musni Umar mencermati adanya perubahan sikap Ali Mochtar Ngabalin setelah ditunjuk jadi staf KSP. Musni mengomentari foto Ngabalin yang tampak “menunduk” di hadapan Presiden Jokowi yang terkesan santai.

“Ini foto Ali Mochtar Ngabalin di hadapan Pesiden Jokowi. Dia singa podium di hadapan Presiden lihat fotonya,” tulis Musni Umar di akun Twitter @musniumar. @musniumar melampirkan foto Ngabalin yang tampak menunduk di depan Jokowi, serta capture tulisan bertajuk “Hina Jokowi, Ali Mochtar Ngabalin Dilaporkan Bawaslu dan Polda Papua”.

Terkait pengangkatan Ngabalin @musniumar melontarkan sindiran: “Selain Ali Mochtar Ngabalin jubir Presiden Jokowi baik juga kalau Ruhut Sitompul dilantik supaya semakin ramai.”

Selain Ali Mochtar Ngabalin, mantan Komisioner KPU Juri Ardiantoro juga diangkat sebagai tenaga ahli KSP.

Pengangkatan orang-orang dekat ataupun tim sukses Jokowi di KSP itu dikecam Wakil Ketua DPR Fadli Zon. “Jelas sekali siapa orang-orang yang direkrut, orang-orang yang punya afiliasi dekat dengan kerelawanan atau timses atau calon timses. Jangan jadi sarang timses KSP itu, karena dibiayai APBN,” tegas Fadli seperti dikutip cnnindonesia (23/05).

Tak hanya itu, Fadli Zon mendesak agar KSP dibubarkan. Apalagi KSP seringkali menggelar pertemuan untuk memenangkan capres, bukan membahas persoalan negara. “KSP ini sebenarnya adalah lembaga non-struktural yang tidak jelas. Ini harus dibubarkan saja. Ini overlap,” tegas Fadli.

Fadli mengingatkan, KSP adalah lembaga internal namun bertindak seolah-olah lembaga struktural. “Ini Perpres KSP perpres yang tidak ada umbrella UU. Dia kan lembaga internal, tapi sebagai lembaga internal seolah-olah lembaga struktural. Kadang bisa jadi jubir, bisa jadi koreksi menteri atau atur menteri. Jadi KSP seharusnya dibubarkan,” kata Fadli.

Wartawan senior Billy Khaerudin mengomentari pernyataan keras Fadli Zon soal KSP. “Ngabalin dilantik jadi Staf KSP. Ada yang bilang buat ngadepin Fahri ama Fadli. Siang ini Fadli bikin tuit berseri mengritik KSP. Ngabalin belum bereaksi. Kalah cepat nih Istana,” sindir Billy di akun @BiLLYKHAERUDIN.

Share Button

Related Posts