October 23, 2018

Serangan Udara Militer Afghanistan Tewaskan Pendiri ISIS

ISIS.


intelijen – Pasukan Afghanistan berhasil membunuh seorang komandan penting ISIS dalam sebuah serangan udara. Komandan tersebut membelot dari Taliban setahun lalu dan kemudian membentuk kelompok yang menjadi dasar ISIS di negara itu.

“Qari Hekmat tewas dalam serangan pesawat tak berawak pada Kamis sore di distrik Darz Aab provinsi Jawzjan utara, Afghanistan,” kata Hanif Rezaee, juru bicara Korps Udara Tentara Nasional Afghanistan dikutip dari Reuters, Sabtu (7/4/2018).

Ia kemudian mengatakan bahwa Mawlavi Habib Ur Rahman telah ditunjuk sebagai penerus kepemimpinan ISIS di bagian utara negara itu.

Kelompok militan, yang juga dikenal sebagai Daesh, mendirikan dasar baru di provinsi itu tahun lalu ketika Hekmat membelot dari Taliban. Kondisi ini menarik perhatian pasukan Amerika Serikat (AS).

ISIS mengaku bertanggung jawab atas bom bunuh diri bulan lalu di dekat masjid-masjid Syiah di Herat dan Kabul. Baik pemerintah yang didukung Barat di Kabul dan kelompok militan Islamis utama, Taliban, memerangi kelompok yang terkenal dengan kesadisannya ini.

Kelompok militan ini pertama kali muncul di Afghanistan tiga tahun lalu. Benteng utamanya berada di provinsi timur Nangarhar, di perbatasan dengan Pakistan, dan para anggotanya telah aktif di Afghanistan utara.

Sementara kekerasan sektarian di sebagian besar Afghanistan sebelumnya jarang terjadi, serangkaian serangan selama beberapa tahun terakhir telah membunuh ratusan orang Syiah. Mayoritas serangan ini diklaim oleh ISIS.

Share Button

Related Posts