November 24, 2017

Sempat Ancam Pansus, Ketua KPK Akhirnya Minta Maaf

Agus Rahardjo (ist)


intelijen – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo akhirnya meminta maaf lantaran sempat melontarkan ancaman akan mempidanakan Pansus Angket KPK. Ia menebar ancaman kepada Pansus dengan pasal tindak pidana korupsi (Tipikor) dengan tuduhan menghalang-halangi proses penyidikan atau obstruction of justice.

“Sama sekali saya tidak mengancam, tapi kami mempertimbangkan dan mempelajari, kemudian di situ kami juga menyadari bahwa obstruction of justice itu tidak pada lembaga, melainkan seseorang yang melakukan mungkin. Karena kami sudah melakukan pada dua orang kalau orang itu menghalangi penyidikan-penyidikan kasus,” kata Agus saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (12/9/2017).

“Jadi sama sekali kami tidak bermaksud untuk mengacam. Kalau bapak, ibu merasa diancam saya mohon maaf terus terang,” sesalnya di hadapan anggota Komisi III DPR, yang sebagiannya juga menjadi anggota Pansus Angket KPK.

Agus menjelaskan bahwa menghalangi proses penyidikan di KPK tidak bisa dilakukan satu lembaga melainkan oleh orang-perorang.

“Kenapa kami berbicara, mempelajari dan mempertimbangkan karena sebelumya ada tulisan di Kompas oleh seorang profesor (soal obstruction of justice). Kemudian kalau bapak, ibu membaca surat pertama kami kepada Pansus itu tidak ada mengancam,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, pihak telah menerapkan pasal obstruction of justice kepada narapidana kasus suap Pilkada, Muchtar Effendi dalam kasus Akil Mochtar.

“Kemudian kami juga sudah menangani kasus Akil Mochtar kepada Muchtar Effendi maaf kami sebutkan namanya, karena kami tujuannya tidak sama sekali untuk lembaga tapi kami perorangan,” tandasnya.(TeropongSenayan)

Share Button

Related Posts