March 27, 2019

Sejumlah Tokoh RI Hadiri Perayaan Kemerdekaan Israel



INTELIJEN.co.id – Beberapa tokoh Indonesia menghadiri perayaan kemerdekaan Israel di School of the Arts, Singapura pada akhir April lalu. Setidaknya ada sepuluh orang Indonesia yang hadir dalam peringatan ulang tahun ke 64 kemerdekaan Israel itu. Mereka terdiri-dari politikus tersohor, dua perwakilan Kamar Dagang dan Industri (KADIN), pengusaha, dan bekas petinggi ormas pemuda.

Rombongan asal Indonesia itu memilih duduk berpencar di empat barisan terakhir. Seorang petinggi KADIN menyatakan bahwa pihaknya selalu mendapat undangan serupa setiap tahunnya. Apalagi, Duta Besar Israel untuk Singapura, Amira Arnon sering berkunjung ke Indonesia.

Diberitakan, Amira Arnon juga tampak senang menyambut tamunya dari Indonesia. Bahkan, ia menyebut tamu Indonesianya itu dengan sebutan “kawan Israel”. Bahasa tubuh Arnon yang mengungkapkan kegembiraan itu, bisa jadi sangat bertolak belakang dengan sebagian besar penduduk RI yang mayoritas antipati terhadap Israel.

Simak saja komentar Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amidhan, ia menilai kedatangan sejumlah orang Indonesia ke perayaan HUT Israel di Singapura itu sebagai sebuah bentuk pengkhiatan terhadap negara.

Sebab, hingga saat ini Indonesia tak pernah mengakui adanya negara Israel. “Itu mengkhianati sikap kita yang tidak mengakui Israel. Itu tentu melukai hati rakyat Palestina dan negara lain yang mendukung kemerdekaan Palestina,” kata Amidhan.

Menurutnya, sikap Indonesia soal Israel sejak dulu hingga kini jelas. Indonesia bahkan hingga kini tak mau membuka hubungan diplomatik dengan negara zionis itu. Karena itu, kedatangan warga negara Indonesia ke acara tersebut tak sejalan dengan sikap pemerintah Indonesia. Apalagi hingga kini, Indonesia masih memperjuangkan kemerdekaan Palestina. INTELIJEN

Share Button