November 15, 2018

SBY Minta Penjelasan Jokowi Gratiskan Tol Suramadu

Tol Suramadu/Tempo


intelijen – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan alasan menggratiskan tarif tol Jembatan Surabaya Madura (Suramadu).

“Karena saya tahu sekarang timbul polemik pro dan kontra dari kalangan masyarakat, Pak Jokowi bisa menjelaskan alasan beliau. Mengapa khusus biaya tol Jembatan Suramadu itu digratiskan?” kata SBY seusai acara temu kader Partai Demokrat se-DIY di Kulon Progo, Minggu 28 Oktober 2018.

Menurut dia, Jokowi dapat menjelaskan latar belakang menggratiskan biaya tol jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Madura itu, apakah berdasarkan pertimbangan ekonomi, pertimbangan sosial, atau pertimbangan yang lainnya.

Dia percaya, dengan penjelasan itu, dapat menghindarkan persepsi yang salah serta polemik yang berkepanjangan di kalangan masyarakat soal penggratisan Jembatan Suramadu.

“Rakyat ini kan hanya ingin mendengarkan mengapa hanya Suramadu yang digratiskan. Belakangan saya juga mendengar ada yang meminta (Tol) Jagorawi juga digratiskan karena sudah lama dan dianggap sudah untunglah pengembangnya sehingga bisa membantu rakyat,” ujar SBY seperti dilansir Antara.

Sebelumnya pemerintah melalui akun resmi Instagram Jasa Marga. Dalam hal ini Pihak Jasa Marga adalah operator Jembatan Suramadu sejak tahun 2014 hingga kini. Dan Presiden Jokowi akan melakukan sendiri untuk tarif gratis ini.

Banyaknya aspirasi dari masyarakat yang mengatakan bahwa tarif jembatan tol ini terlalu mahal bila dibandingkan dengan panjang jembatan. Pendapat mahal ini pun akan disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat bertemu dengan istri mendiang Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Sinta Nuriyah.

“Beliau-beliau memberikan masukan mengenai keluhan mahalnya tarif jembatan di Suramadu. Awal dibuka dulu tarifnya yang mencapai 30 ribu kendaraan golongan I membuat jembatan ini menjadi jalan bebas hambatan dengan tarif termahal di Indonesia.

Dulu sebetulnya dari Rp 30 ribu sudah dipotong Rp 15 ribu yang sepeda motor dibebaskan. kendaraan golongan I membuat jembatan ini menjadi jalan bebas hambatan dengan tarif termahal di Indonesia. Hal ini lah yang membuat agar tari ditinjau kembali,” kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Jembatan Tol Suramadu menjadi satu-satunya jalur penghubung darat Surabaya dan Madura yang sebelumnya hanya tersedia di jalur laut.(Foto:tempo.co)

Share Button

Related Posts