May 26, 2018

Sayeret Shaldag, Terlibat Operasi Litani hingga Orchad (4, habis)

Operasi Orchad, ilustrasi. Misi rahasia hancurkan apa yang diyakini Israel sebagai reaktor nuklir Syiria (istimewa)


Operasi Orchad, ilustrasi. Misi rahasia hancurkan apa yang diyakini Israel sebagai reaktor nuklir Syiria (istimewa)

INTELIJEN.co.id – Sebagai sebuah pasukan khusus, Sayeret Shaldag tentunya sering terlibat dalam berbagai operasi militer. Terlebih, setelah menjadi pasukan khusus utama bersama-sama dengan Sayeret Matkal.

Unit khusus IAF ini pernah ikut operasi Litani pada 1978.Salah satu misi terakhirnya adalah pengintaian di dekat Hasbiya. Saat itu, personel Sayeret Shaldag melintasi wilayah musuh, datang dengan dihujani tembakan. Korban tak terelakkan, termasuk komandan tim yang kehilangan kakinya karena ranjau.

Akibat kejadian tersebut, komandan kompi memberikan perintah untuk mundur dengan teratur daripada kehilangan peralatan canggih.

Shaldaq juga ikut ambil bagian dalam operasi Moses di Sudan pada 1984. Setelah itu unit ini juga ambil bagian dalam operasi Solomon di Etiopia pada 1991.

Juga pada 1991, ratusan personel Sayeret Shaldag, baik personel, reguler dan cadangan, di bawah komando Benny Gantz, mengamankan pengangkutan 14 ribu orang Etiopia keturunan Yahudi ke Israel.

Selama kurun waktu konflik Lebanon selatan pada 1982-2000, unit khusus yang bermarkas di pangkalan udara Palmachim ini ikut serta dalam operaso Accountability dan operasi Grapes of Warth dan kemudian menerima penghargaan Chief of Staff Award.

Saat perang Lebanon pada 2006, Sayeret Shaldag ikut serta dalam penyerangan ke Baalbek pada 1 Agustus 2006. Pasukan mendarat dengan menggunakan helikopter pada jam 01.00 dekat Baalbek.

Personel Shaldag memutar menuju utara ke lingkungan Sheik Habib untuk menangkap tersangka pejuang Hizbullah. Di perjalanan, mereka dihadang oleh empat pejuang Hizbullah dan membunuh keempat pejuang tersebut.

Dilaporkan juga bahwa unit khusus ini terlibat dalam operasi Orchad di Syria pada 2007. Unit ini ditempatkan di sebuah depot bawah tanah dekat markas Syria yang dicurigasi sebagai reaktor nuklir, penempatan ini untuk memberikan petunjuk laser pada target, agar memandu rudal Israel yang diluncurkan dari pesawat untuk menghacurkan tempat tersebut.

Spesifikasi Kesatuan

Berdiri:
1974

Asal:
Israel

Cabang:
Israel Air Force/Angkatan Udara Israel

Tipe:
Komando

Ukuran:
40-50 orang

Markas:
Pangkalan udara Palmachim

Peralatan:
– Senapan serbu M16
– Senapan serbu M4A1
– Peluncur granat M203
– Sig-Sauer
– Glock 9 milimeter
– Senapan sniper SR 82/66
(repro INTELIJEN)

Share Button