March 27, 2019

Satu WNI Diduga Terjangkit MERS-Cov di Arab Saudi



KEMENTERIAN Kesehatan menyatakan satu WNI yang sudah lama tinggal di Arab Saudi diduga telah terjangkit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV). Saat ini pasien tersebut tengah dirawat di RS King Saud Jeddah.

WNI ini sudah lama tinggal di Arab Saudi, bukan jamaah umroh. Dirawat di RS King Saud Jeddah sejak tanggal 20 April 2014 dengan dugaan terinfeksi virus corona (MERS-CoV), kata Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan Tjandra Yoga Aditama dalam surat elektroniknya di Jakarta, Selasa.

Tjandra mengatakan, sampai saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait di Saudi untuk memantau WNI berinisial NA, 61 itu.

Menurutnya, Kemenkes terus melakukan pemantauan ketat terhadap kasus MERS-CoV yang sedang merebak di beberapa negara Arab tersebut.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menerima laporan bahwa kasus MERS-CoV saat ini juga dilaporkan terjadi di Mekkah dan Madinah yang merupakan kota-kota utama untuk ibadah umroh. Bagi warga Indonesia masalah ini tentu jadi sangat penting, sebab itu semua adalah kota yang dikunjungi jamaah umroh asal Indonesia, ujar Tjandra. (ant/mas) Read More

Share Button