December 12, 2018

Rusia Desak Apple Hapus Telegram dari App Store

Telegram


intelijen – Rusia tampaknya makin menutup akses penduduknya ke aplikasi Telegram. Padahal, Telegram dibesut oleh salah satu warga negaranya, yakni Pavel Durov.

Sebelumnya, aplikasi chatting terenkripsi ini diblokir di Rusia sejak April 2018. Kendati demikian, hingga sekarang masih ada aplikasi Telegram di App Store.

Untuk memastikan penduduknya tak bisa menggunakan Telegram, Rusia akhirnya meminta Apple menghapus Telegram dari App Store.

Tidak cukup di situ, dilaporkan media lokal, Rusia juga meminta Apple memblokir Telegram, sehingga tidak bisa mengirimkan push notification kepada pengguna lokal.

Seperti dilansir The Verge, Rabu (30/5/2018), dalam surat resmi kepada Apple, pemerintah Rusia memberi waktu sebulan penuh bagi Apple untuk menghapus Telegram. Jika tidak, pemerintah akan menerapkan hukuman karena dianggap melanggar peraturan.

Aplikasi yang bermarkas di Moskow itu mulai mendapat masalah sejak April 2018 gara-gara menolak memberikan kode enkripsinya kepada Federal Security Service Rusia.

Pengadilan memutuskan untuk memblokir Telegram di Rusia hingga perusahaan mau membagikan kode enkripsinya. Hal ini terkait penggunaan Telegram oleh teroris dan kriminal.

Share Button

Related Posts