December 13, 2018

Rusia: Bobol Gedung Konsulat di Seattle, AS Lewati Batas

Sergei Ryabkov


intelijen – Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov menyatakan, Amerika Serikat (AS) telah melintasi batas merah ketika para pejabat Kementerian Luar Negeri mereka memaksa masuk ke gedung konsulat Rusia di Seattle.

“Rekan-rekan di Washington telah melewati batas merah dan melampaui apa yang diizinkan dan masuk akal,” kata Ryabkov, dengan menyebut pembobolan tersebut adalah salah satu hal terburuk dalam sejarah hubungan internasional dan berencana menyeret otoritas AS ke pengadilan.

“Ini adalah pertanyaan lain, apa reaksi peradilan AS mengenai hal ini. Rusia berada dalam percobaan tentang masalah yang tidak memiliki preseden,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (26/4).

Seperti diketahui, gedung diplomatik itu dievakuasi awal pekan ini karena perintah dari Washington, yang mengusir 60 diplomat Rusia. Washington mengatakan kepada kedutaan Rusia untuk menutup konsulat di Seattle sebagai pembalasan atas serangan racun mantan agen ganda di Inggris.

Setelah para diplomat pergi pada hari Selasa, mereka mengunci gedung tersebut. Para pejabat AS kemudian pada hari Rabu menerobos masuk ke kompleks.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Heather Nauert mengatakan, ia percaya tidak ada hukum yang dilanggar dalam tindakan pihak berwenang yang masuk ke konsulat Rusia.

Share Button

Related Posts