December 12, 2018

Rupiah Tembus Rp 14.630 Per USD

Rupiah (ist)


intelijen – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) bergerak melemah di perdagangan hari ini, Selasa (14/8). Pagi ini, Rupiah dibuka di level Rp 14.615 per USD, melemah tipis dibandingkan sebelumnya di level Rp 14.607 per USD.

Mengutip data Bloomberg, Rupiah melanjutkan pelemahannya usai pembukaan hingga menyentuh level Rp 14.630 per USD. Namun sempat menguat dan melemah kembali, dan saat ini Rupiah berada di level Rp 14.627 per USD.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan, ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kondisi Rupiah. Namun untuk kali ini yang mengambil andil cukup besar dalam pelemahan mata uang Garuda tersebut adalah krisis yang sedang terjadi di Turki.

“Kita setiap hari ini selalu ada berbagai faktor bisa saling mempengaruhi. Jadi pada minggu terakhir ini faktor yang berasal dari Turki,” kata Menkeu Sri Mulyani saat ditemui di JS Luwansa, Jakarta, Senin (13/8).

Dia mengungkapkan bahwa dampak dari krisis Turki terjadi secara global. Hal itu disebabkan masalah krisis tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi melainkan pada sektor lainnya.

“Menjadi muncul secara global, karena tidak dari sisi magnitude-nya yang terjadi dinamika di Turki, tapi juga karena nature atau karakter persoalannya yang sebetulnya ada persoalan serius, mulai masalah currency-nya juga pengaruh terhadap ekonomi domestik, dan terutama juga dimensi politik dan security di sana,” ujarnya.

Share Button

Related Posts