October 18, 2018

Rouhani: Kami Miliki Rencana Hadapi Trump Terkait Kesepakatan Nuklir

Presiden Iran Hassan Rouhani (ist)


intelijen – Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, Iran memiliki rencana untuk menanggapi setiap langkah Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump yang terkait dengan perjanjian nuklir. Dia menyebut, AS akan menyesali keputusan untuk keluar dari kesepakatan itu.

“Kami memiliki rencana untuk menolak keputusan Trump atas kesepakatan nuklir,” kata Rouhani dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (6/5).

“Perintah telah dikeluarkan untuk organisasi energi atom kami dan untuk sektor ekonomi guna menghadapi rencana Amerika melawan negara kita. Amerika membuat kesalahan jika meninggalkan kesepakatan nuklir,” sambungnya.

Inggris, Prancis, dan Jerman tetap berkomitmen terhadap kesepakatan nuklir, tetapi, dalam upaya untuk menjaga Washington di dalamnya. Ketiga negara itu ingin membuka pembicaraan tentang program rudal balistik Iran, kegiatan nuklirnya setelah 2025 dan peran Iran dalam Krisis Timur Tengah seperti Suriah dan Yaman.

Terkait dengan negosiasi ulang, Rouhani menegaskan bahwa tidak akan ada negosiasi ulang terhadap kesepatan yang dicapai tahun 2015 tersebut, khususnya bila bersinggungan dengan kemampuan militer Teheran.

“Kami tidak akan bernegosiasi dengan siapa pun tentang senjata dan pertahanan kami, dan kami akan membuat dan menyimpan sebanyak mungkin senjata, fasilitas, dan rudal yang kami butuhkan,” tukasnya.

Share Button

Related Posts