February 17, 2019

“Rocky Gerung Rockstar-nya Para Filsuf, Beberapa Filsuf yang Mau Bikin Acara Anggap saja Boyband”

KH Ma'ruf Amin dan Akhmad Sahal (aktual)


intelijen – Hari ini (13/02) digelar diskusi publik bertajuk ‘Menolak Pembusukan Filsafat’ di Tjikini Lima Café & Resto, Jakarta Pusat.

Hadir sebagai pembicara adalah: tokoh liberal Goenawan Mohamad; dosen filsafat UI Donny Gahral Adian; dosen filsafat STF Driyarkara, A. Setyo Wibowo; dan Alumnus STF Driyarkara, Akhmad Sahal.

Melihat judul diskusi dan pembicara yang dihadirkan, politisi Partai Demokrat, Andi Arief menyatakan acara itu sebagai upaya ‘pembunuhan’ terhadap Rocky Gerung. “Upaya pembunuhan @rockygerung dengan berbagai cara,” tulis Andi Arief di akun Twitter @AndiArief__ menyertakan poster diskusi “Menolak Pembusukan Filsafat”.

Aktivis Jaringan Islam Liberal (JIL) Akhmad Sahal, yang menjadi salah satu pembicara risih dengan komentar pedas netizen. Sahal mempertanyakan diskusi lain yang mendatangkan Amien Rais dan Rocky Gerung.

“Pertanyaannya harusnya: Kenapa mereka yang nyinyirin diskusi “pembusukan filsafat” mingkem terhadap diskusi satunya? Kalo alasannya satu kubu, Rocky, Amien, Hanum kan satu kubu juga. Sakjane dua-duanya gak perlu dinyinyirin, karena yang dibahas tema umum, tidak ekspisit tentang individu tertentu,” tulis Sahal di akun @sahaL_AS menanggapi polling yang dilakukan budayawan Sudjiwo Tedjo di akun Twitter @sudjiwotedjo.

Sebelumnya @sudjiwotedjo membuat polling dengan membandingkan poster diskusi “Menolak Pembusukan Filsafat” dan kuliah umum “Berpolitik dengan Akal dan Nalar”. Kuliah umum yang dipandu Hanum Salsabiela Rais itu menghadirkan Amien Rais dan Rocky Gerung.

“Menurut kau dari kedua poster ini mana yang lebih pantas dinyiyirin? 1) yang @rockygerung dan Amien Rais (retweet). 2) yang @gm_gm @sahaL_AS dll/kanan (like),” tulis @sudjiwotedjo. Hasilnya, 2010 netizen memilik “like”, dan 175 meretweet.

Mendapat protes dari netizen @sudjiwotedjo membalik polling itu. “Sekarang aku balik biar fair :
Mana yang menurut kau lebih pantas dinyinyirin dari kedua poster ini?: 1. Yg @gm_gm @sahaL_AS dll / kiri (Retweet). 2. Yang @rockygerung Amien Rais (like),” tulis @sudjiwotedjo. Hasilnya ternyata sama saja, 363 ‘like’, dan 1476 ‘retweet’.

Terkait perdebatan dua diskusi itu, komiker Sam Dharma Putra Ginting atau Sammy Comic menyimpulkan bahwa Rocky Gerung adalah “rockstarnya” para filsuf. Sedangkan yang membuat acara lain sebagai ‘boyband’. “RG udah jadi rockstarnya para filsuf, beberapa filsuf lain buat acara, ya anggap aja boyband,” sindir Sammy di akun @NOTASLIMBOY.

Share Button

Related Posts