October 23, 2018

RI Sesalkan AS Mundur dari Kesepakatan Nuklir Iran

AS dan Iran


intelijen – Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri turut angkat bicara mengenai mundurnya Amerika Serikat (AS) dari kesepakatan nullir Iran. Presiden AS, Donald Trump kemarin akhirnya memutuskan untuk menarik mundur AS dari kesepakatan itu.

Kemlu RI menuturkan, Jakarta sangat menyesalkan keputusan AS tersebut. Menurut Kemlu RI, kesepakatan nuklir Iran adalah salah satu capaian terbesar dalam dunia diplomasi internasional.

“Indonesia menyesalkan langkah AS yang telah mundur dari kesepakatan JCPOA (Joint Comprehensive Plan of Action) antara Iran dan anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB plus Jerman (P5+1),” kata Kemlu Ri dalam sebuah pernyataan, menggunakan nama resmi kesepakatan nuklir Iran.

“JCPOA merupakan sebuah capaian penting diplomasi yang dapat berkontribusi dalam mendorong non-proliferasi senjata nuklir dan penciptaan perdamaian serta stabilitas kawasan-dunia,” sambungnya seperti dikutip Sindonews dari laman resmi Kemlu RI pada Kamis (10/5).

Kemlu kemudian menyatakan bahwa Indonesia mengharapkan negara pihak JCPOA lainnya tetap menghormati komitmennya dan untuk masyarakat internasional terus mendukung perjanjian tersebut.‚Äč

Share Button

Related Posts