October 21, 2018

Reuven Rivlin Terpilih Sebagai Presiden Israel



ISRAEL segera melantik Presiden baru. Negara yang menganut sistem parlementer tersebut memilih Reuven Ruby Rivlin sebagai presiden baru setelah terpilih dalam pemungutan suara yang diselenggarakan anggota Knesset (parlemen Israel), Selasa (10/6).

Reuven merupakan anggota Partai Likud yang merupakan partai sayap kanan Israel. Partai Likud juga merupakan pendukung Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu.

Seperti dilansir The Guardian, Rivlin mengalahkan sangingannya Meir Sheetrit dengan selisih 10 suara. Reuven mendapat 63 suara, sementara Meir Sheetrit memeroleh 53 orang.

Rivlin menggantikan politisi veteran Israel Shimon Peres (90) yang akan mengundurkan diri dari posisi secara resmi bulan depan.

Reuven Rivlin merupakan seorang pengacara dan politikus berumur 74 tahun. Ia saat ini menjabat sebagai ketua dari parlemen Israel, Knesset.

Pria yang pernah menjadi Ketua Knesset itu pernah mencalonkan diri sebagai Presiden Israel sebagai calon dari Likud pada 2007. Namun langkah Rivlin terganjal karena kalah bersaing dengan Shimon Peres. (abu/jpnn) Read More

Share Button