October 23, 2018

Rebut Pelabuhan Utama, Saudi Gelar Serangan Besar-besaran ke Yaman

Jet Tempur Arab Saudi


intelijen – Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi dilaporkan melancarkan operasi militer besar untuk merebut kembali pelabuhan Al-Hudaydah dari kelompok pemberontak Yaman, Houthi. Pelabuhan Al-Hudaydah adalah pelabuhan utama di Yaman.

“Operasi untuk merebut kembali kota dan pelabuhan Al-Hudaydah telah dimulai,” kata juru bicara militer Yaman, Abdullah al-Shuabi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Rabu (13/6).

Al-Shuabi mengatakan, pasukan pemerintah telah merebut situs militer besar di pintu masuk selatan kota itu. Dia mengatakan, sejumlah pemberontak Houthi telah menyerahkan diri di awal serangan itu.

Sementara itu, pemerintah Yaman mengaku telah menggunakan semua cara damai dan politik untuk mengusir pemberontak Houthi dari pelabuhan strategis. Namun, hal itu tak kunjung berbuah hasil.

“Pembebasan pelabuhan Al-Hudaydah adalah titik balik dalam perjuangan kami untuk merebut kembali Yaman dari milisi yang membajaknya untuk melayani agenda asing,” katanya dalam pernyataan.

“Pembebasan pelabuhan adalah awal jatuhnya milisi Houthi dan akan mengamankan pengiriman melalui laut di Selat Bab al-Mandab dan memotong tangan Iran, yang telah lama menenggelamkan Yaman dalam pertempuran darah,” sambungnya.

Pelabuhan Al-Hudaydah adalah jalur pasokan vital, di mana 80 persen bantuan kemanusiaan untuk Yaman masuk melalui pelabuhan itu.

Share Button

Related Posts