August 20, 2018

RAF Intelligence, Inggris: Konspirasi Penelitian UFO (1)

Foto: Istimewa


Foto: Istimewa

INTELIJEN.co.id – Selama berabad-abad, manusia selalu beranggapan bahwa mereka tidak hidup sendirian di alam semesta ini. Rasa penasaran itu membuat beberapa kalangan yang percaya dengan keberadaan mahluk lain, berusaha mencarinya dengan berbagai cara.

Mereka yang mencari keberadaan mahluk luar angkasa, selalu dianggap aneh. Mereka menggunakan berbagai macam ilmu pengetahuan untuk mendeteksi keberadaan mahluk tersebut.

Astronomi adalah salah satu ilmu yang digunakan oleh para pencari mahluk asing itu. Sampai-sampai, badan antariksa seperti NASA pun, diam-diam ikut “menyelidiki” keberadaan mahluk asing ini.

Belum banyaknya bukti yang menginformasikan keberadaan mahluk lain, membuat rasa penasaran manusia semakin menjadi.

Untuk memuaskan rasa penasaran tersebut, kalangan sineas di berbagai belahan bumi khususnya Hollywood, menuangkannya ke dunia layar lebar. Salah satu film tentang mahluk angkasa luar yang fenomenal adalah Extra Terrestrial (ET) buatan sutradara Steven Spielberg.

Saking hebohnya permasalahan ini, beberapa kejadian aneh yang berlangsung di sejumlah wilayah AS, seperti terbentuknya sebuah pola aneh di ladang pertanian petani setempat, dikatakan sebagai hasil perbuatan mahluk luar angkasa yang biasa disebut dengan sebutan alien.

Selain itu, banyak kalangan masyarakat mengatakan, bahwa mereka telah melihat sebuah objek yang tidak dikenal. Benda tak dikenal tersebut kemudian diberi sebutan Unindentified Flying Object atau UFO.

Sampai saat ini belum ada bukti dan teori pasti yang mengatakan keberadaan UFO, dan pola-pola aneh yang terdapat di beberapa tempat di AS adalah hasil perbuatan alien, tetapi banyak orang yang meyakini masalah ini.

Dalam situasi yang seperti itu, pada 1960-an pemerintah AS melakukan uji coba pesawat mata-mata U2 dengan bentuk yang tidak biasa untuk sebuah pesawat terbang, apalagi pesawat tersebut belum di cat hitam seperti sekarang, tetapi menggunakan warna perak.

Tak ayal, masyarakat yang melihat pesawat tersebut mengatakan, bahwa mereka melihat sebuah UFO.

Pada saat itu, pemerintah AS sendiri menyangkal keberadaan pesawat mata-mata itu. Mereka baru memberikan keterangan resmi pada 1990-an, bahwa keberadaan UFO yang dilihat oleh warga adalah pesawat U2 yang sedang menjalani uji coba terbang.

Konspirasi mengenai keberadaan UFO juga dirasakan di belahan dunia lainnya, Inggris. Angkatan udara negara ini mengklaim melihat sesosok benda terbang tak dikenal ketika melakukan penerbangan.

Terkait insiden itu, Pemerintah Inggris melakukan penelitian mengenai keberadaan UFO, bekerja sama dengan AS yang lebih dahulu melakukan penelitian.

Beberapa tahun kemudian, cerita itu terungkap ke publik. Bahwa penelitaian UFO pada 1950-an di Inggris, terkait dengan Perang Dingin yang sedang berlangsung saat itu.

Share Button