October 17, 2018

Putin Ucapkan Selamat ke Assad yang Sukses Ganyang Teroris

Presiden Rusia Vladimir Putin


intelijen – Presiden Rusia Vladimir Putin mengucapkan selamat kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad atas keberhasilan pasukan Damaskus mengganyang kelompok teroris. Ucapan selamat disampaikan saat pemimpin Suriah itu melakukan kunjungan resmi ke Kota Sochi.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan, kedua presiden menekankan perlunya menciptakan kondisi tambahan untuk penyelesaian krisis politik di Suriah.

“Perundingan cukup komprehensif. (Presiden Rusia) mencatat dan memberi selamat kepada Assad atas keberhasilan besar pasukan pemerintah (Suriah) dalam perang melawan kelompok-kelompok teroris,” kata Peskov.

“Kedua pihak telah mencatat perlunya menciptakan kondisi tambahan untuk pembukaan kembali format penuh proses politik di Suriah,” imbuh Peskov.

Dalam kunjungannya, Assad mengatakan kepada Putin bahwa stabilitas di Suriah membaik dan hal itu bisa membuka pintu bagi proses politik. “Kami selalu mendukungnya dengan antusiasme,” ujar Assad, yang dikutip Sputnik, Jumat (18/5/2018).

Namun, lanjut Assad, pemulihan proses politik di Suriah akan sulit karena ada negara-negara yang tidak ingin stabilitas tercipta di negaranya.

Assad juga menyuarakan keputusannya untuk mengirim perwakilan ke Komite Konstitusi PBB.

Putin mengisyaratkan untuk menghentikan operasi militer Rusia setelah banyak kelompok teroris menyerah dan memberikan senjata mereka ke pasukan Damaskus.

“Teroris meletakkan senjata mereka di situs-situs kunci Suriah, itu memungkinkan kami untuk menghentikan operasi mereka di dekat Damaskus,” ujar Putin.

Presiden Putin juga mengatakan bahwa dia akan berkoordinasi dalam aksi gabungan dengan pasukan Assad dalam memerangi terorisme di Suriah.

Share Button

Related Posts