December 14, 2018

Putin Sampaikan Belangsukawa atas Gempa Sulteng

Presiden Rusia Vladimir Putin


intelijen – Presiden Rusia, Vladimir Putin turut mengucapkan belasungkawa kepada Indonesia dan keluarga yang terkena dampak gempa bumi dan tsunami yang melanda provinsi Sulawesi Tengah. Ucapan belangsukawa itu disampaikan melalui sebuah pesan kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Dalam sebuah pernyataan, Kremlin menuturkan, dalam pesan tersebut Putin menyatakan turut merasa sedih atas bencana alam tersebut. Dia lalu mendoakan mereka yang terluka untuk segera sembuh dan menyampaikan ucapan duka kepada keluarga dan kerabat para korban tewas.

“Presiden Vladimir Putin mengirim pesan belasungkawa kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sehubungan dengan banyak korban dan penghancuran skala besar yang disebabkan oleh tsunami yang melanda pulau Sulawesi,” kata Kremlin seperti dikutip Sindonews dari laman resmi mereka pada Minggu (30/9).

“Presiden menekankan bahwa Rusia berbagi kesedihan dengan rakyat Indonesia yang ramah dan meminta untuk menyampaikan kata-kata simpati dan dukungannya kepada keluarga korban dan teman-teman, dan berharap untuk pemulihan cepat untuk semua orang yang terluka,” sambungnya.

Sebelumnya, ucapan duka cita juga disampaikan oleh Uni Eropa (UE). Komisaris untuk Bantuan Kemanusiaan dan Manajemen Krisis UE, Christos Stylianides menyatakan pihaknya terus memantau situasi di Palu dan Dongala dan siap memberikan bantuan jika memang dibutuhkan.

“UE berdiri bersama rakyat dan pihak berwenang Indonesia pada masa yang sulit ini dan kami telah menawarkan dukungan penuh kami. UE telah mengaktifkan layanan pemetaan satelit Copernicus darurat untuk membantu pihak berwenang. Kami terus memantau situasi dan kami siap untuk memobilisasi lebih banyak bantuan,” kata Stylianides.

Share Button

Related Posts