July 22, 2018

Puisi Sukmawati, Bamsoet: Saya Sebagai Muslim Tersinggung

Bambang Soesatyo (ist)


intelijen – Ketua DPR Bambang Soesatyo menyesalkan bait puisi yang disampaikan Sukmawati Soekarnoputri. Namun, ia yakin puisi tersebut hanya pandangan pribadi Sukmawati.

“Bukan suara dari keluarga Bung Karno. Itu adalah pribadinya Bu Sukma. Saya juga tidak tahu motivasinya apa,” kata Bambang di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Politikus Golkar ini menilai, apa yang dilakukan Sukmawati dengan mencampuradukan agama dan kebudayaan itu tidak relevan. Apalagi, katanya, membandingkan syariat Islam dengan budaya.

“Apalagi kemudian menilai suatu ajaran agama dalam bentuk puisinya. Itu sangat menyinggung sekali. Dan sebagai tokoh kami menyesalkan Bu Sukma tidak menunjukkan panutan, dimana kita hidup dalam keragaman beragama dan saling menghormati di antara ajaran beragama,” katanya.

Soal alumni 212 yang hendak melakukan aksi menyikapi puisi Sukmawati ini, Bamsoet, begitu biasa disapa menilainya wajar.

“Menurut saya apapun reaksi yang timbul itu kami bisa memahami. Saya juga sebagai Muslim tersinggung mengenai puisi itu. Tetapi bentuk protes yang kami harapkan adalah protes yang baik, yang santun, tidak merusak lagi dan membuat gaduh lagi kehidupan kebangsaan kita,” katanya.
Sumber: TeropongSenayan

Share Button

Related Posts