October 23, 2018

Presiden Korsel Sebut Dunia Sudah Lepas dari Ancaman Nuklir Korut

Moon Jae-in


intelijen – Presiden Korea Selatan (Korsel), Moon Jae-in menyatakan bahwa dunia telah diizinkan untuk “melarikan diri” dari ancaman senjata nuklir Korea Utara (Korut), setelah adanya pertemuan antara pemimpin Korut dan Amerika Serikat (AS).

“Ada banyak pandangan berbeda tentang hasil pertemuan itu, tetapi yang paling penting adalah fakta bahwa itu telah memungkinkan seluruh dunia, termasuk orang Amerika, Jepang dan China, untuk melarikan diri dari ancaman perang nuklir dan rudal jarak jauh,” kata Jae-in.

“Saya percaya ini saja adalah perkembangan yang sangat berarti,” sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Anadolu Agency pada Kamis (14/6).

Sementara itu, Jae-in menyatakan bahwa saat ini pertemuan antara para pejabat militer Korut dan Korsel saat ini tengah melakukan dialog. Ini adalah kali pertama antara kedua militer dalam kurun waku satu dekade terakhir.

Pertemuan itu digelar di desa perbatasan Panmunjom, dengan delegasi Seoul dipimpin oleh Mayor Jenderal Kim Do-gyun. Semetara dari sisi Korut, delegasi dipimpin oleh Letnan Jenderal An Ik-san.

“Kami berencana untuk membahas isu-isu seperti mengurangi ketegangan militer antara kedua Korea dan mengatur pertemuan menteri pertahanan,” kata Do-gyun jelang bertolak ke Panmunjom.

Share Button

Related Posts