October 24, 2018

Prabowo-Hatta Menguat Jokowi-JK Melemah

Pasangan Capres-Cawapres (IST)


Intelijen – Pusat Data Bersatu (PDB) merilis hasil survei, bahwa elektabilitas Prabowo-Hatta terus mengalami peningkatan.

Di sisi lain, justru elektabilitas Jokowi-JK merosot. Walau Prabowo-Hatta masih di bawah Jokowi-JK, namun perbedaannya makin tipis, hanya 5% saja.

“Tren elektabilitas Jokowi-JK terus menurun. Sedangkan elektabilitas Prabowo-Hatta terus menaik. Sampai dengan sekarang selisih elektabilitas antara kedua pasangan berada di sekitaran angka 5%,” kata peneliti senior PDB, Agus Herta, di Jakarta, Rabu (11/6/2014).

Saat ini, elektabilitas Jokowi-JK 32,2%. Berada di atas Prabowo 26,5%, atau hanya beda 5% saja. Angka ini, lanjutnya, makin menipis dari sebelumnya.

Dia mengatakan, suara yang menang akan ditentukan oleh pemilih yang belum menentukan pilihan atau swing voters.

Jelas dia, kalau Prabowo-Hatta bisa meyakinkan swing voters ini, maka kandidat nomor urut satu ini bisa menang, atau sebaliknya.

Dari sini, lanjut dia, kubu Jokowi-JK kalau tidak mengantisipasi, maka besar kemungkinan akan kalah.

“Kalau melihat tren seperti ini, dan tidak diantisipasi oleh timnya, tidak menutup kemungkinan Prabowo-Hatta bisa menyalip,” jelas Agus.

Survei PDB dilakukan dari tanggal 21 Mei 2014 sampai 1 Juni 2014 di 7 kota besar dari 7 provinsi yang meliputi Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan, dan Makassar.

Responden dari survei itu, adalah pasangan suami dan istri, sebagai pengambil keputusan yang berasal dari keluarga kelas menengah.

Sedangkan metode yang digunakan ialah melalui metode wawancara tatap muka dengan jumlah responden 2.688 orang dan margin error 5%.

Sumber: Inilah

 

 

 

 

Share Button

Related Posts