December 19, 2018

Pompeo: Tuntutan Kami Terhadap Iran Tidak Terlalu Berlebihan

Mike Pompeo


intelijen – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo menyatakan, tuntutan yang disampaikan oleh dirinya kepada Iran tidak terlalu berlebihan. Pompeo awal pekan ini menyampaikan 12 tuntutan kepada Iran untuk dimasukan dalam kesepakatan nuklir baru.

“AS telah menuntut agar Iran melaksanakan serangkaian tugas yang tidak akan sulit untuk dicapai. Saya pikir itu penting, bahwa saya menekankan kembali bahwa tugas yang harus dilakukan Iran tidak terlalu sulit,” kata Pompeo saat melakukan jumpa wartawan di Washington, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (23/5).

Dari 12 tuntutan, Pompeo menuturkan, salah satu hal yang paling dia soroti adalah pemberian izin tanpa batas kepada Badan Energi Atom Internasional (IAEA), untuk mengawasi semua situs nuklir yang ada di Iran.

“Saya telah melihat laporan bahwa ini adalah fantasi dan mereka tidak dapat terjadi, tetapi kami meminta hal-hal yang benar-benar sangat sederhana, yang sejujurnya sebagian besar negara di dunia terlibat,” ucap Pompeo.

“Kami meminta mereka menghentikan tembakan rudal ke Riyadh, itu bukan fantasi untuk membayangkan orang-orang Iran membuat keputusan untuk tidak menembakkan rudal ke negara lain dan mengancam kehidupan warga Amerika, perjalanan melalui bandara itu. Ini bukan fantasi untuk meminta mereka berhenti terlibat dalam teror. Ini adalah seperangkat persyaratan yang dapat dengan mudah dipenuhi rezim Iran,” tukasnya.

Share Button

Related Posts