August 19, 2018

Pompeo: AS Akan Tawarkan Jaminan 'Unik' ke Korut

Mike Pompeo


intelijen – Amerika Serikat (AS) menuntut perlucutan senjata nuklir Korea Utara (Korut) secara menyeluruh dan dapat diverifikasi. Senbagai balasan, AS bersedia menawarkan jaminan keamanan “unik” kepada Korut.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo.

“Kami siap untuk mengambil tindakan yang akan memberikan (Korea Utara) kepastian bahwa mereka denuklirisasi bukanlah sesuatu yang berakhir buruk bagi mereka,” kata Pompeo pada konferensi pers.

“Justru sebaliknya, itu mengarah ke masa depan yang lebih cerah dan lebih baik untuk orang Korea Utara,” imbuhnya seperti dikutip dari CNBC, Selasa (12/6/2018).

Meski begitu, Pompeo tidak akan menjelaskan secara detail tentang apa yang mungkin ditawarkan AS sebagai imbalan Kim Jong-un menyerahkan gudang persenjataan nuklirnya.

“Kami siap memberikan jaminan keamanan yang berbeda, unik, untuk apa yang Amerika telah bersedia berikan sebelumnya,” katanya.

“Kami pikir ini perlu dan tepat,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa bantuan ekonomi tidak akan diberikan sampai AS memiliki bukti bahwa tuntutannya telah dipenuhi.

“Tujuan akhir dari usaha diplomasi kami dengan Korea Utara tidak berubah,” katanya kepada wartawan.

“Denuklirisasi Semenanjung Korea yang lengkap, dapat diverifikasi, dan yang tidak dapat diubah adalah satu-satunya hasil yang akan diterima Amerika Serikat,” tegasnya.

Share Button

Related Posts