November 18, 2017

Pesawat F-35 AS Masih Miliki Banyak Kekurangan

Pesawat tempur F-35 adalah pesawat tempur termahal dalam sejarah.


intelijen – Pesawat jet tempur futuristik F-35 Lightning II milik militer Amerika Serikat (AS) masih memiliki sejumlah permasalahan berbahaya yang dipastikan akan mempersulit apa yang disebut sebagai proyek senjata termahal dalam sejarah itu, menurut laporan Pentagon.

Pesawat yang disebut memiliki versi yang dapat lepas landas dan mendarat secara vertikal itu, seharusnya menjadi tulang punggung pasukan jet tempur militer masa depan, dan memastikan dominasi Amerika Serikat di langit selama bertahun-tahun yang akan datang dengan teknologi antiradar.

Kredibilitas program itu mendapatkan pukulan baru. Para pengembang mengungkap sejumlah kekurangan pada saat pengujian serangan gabungan pesawat tempur F-35 itu. Menurut laporan Pentagon, terdapat sejumlah isu seperti kesalahan sistem perangkat lunak, kerusakan teknis, dan pembengkakan dana.

Mungkin yang menjadi bagian paling membahayakan dari laporan tersebut adalah sebuah penyelidikan terhadap sistem kursi pelontar pilot yang ada dalam pesawat F-35. Para pengembang menemukan bahwa para pilot dengan berat badan kurang dari 62 kilogram beresiko tewas karenanya.

“Uji coba menunjukkan bahwa kursi lontar berputar ke belakang setelah dilontarkan. Hasilnya leher pilot menjadi lebih panjang saat kepala bergerak ke belakang bahu dalam posisi mengangkat dagu,” laporan itu menyatakan. Laporan itu juga mengungkap bahwa terdapat kecacatan dan kemampuan tempur yang terbatas dari satu varian pesawat tempur siluman itu yang dibuat untuk pasukan Marinir.

Share Button

Related Posts



Article Tags