November 18, 2018

Persaingan Nike, Adidas dan Puma di Piala Dunia

Ilustrasi Persaingan Bisnis di Piala Dunia. (ist)


Intelijen – Ketika Piala Dunia 2014 resmi dimulai Kamis (12/6/2014) malam atau Jumat dini hari WIB, ada delapan perusahaan olahraga yang menyediakan kostum alias jersey untuk 32 tim yang akan bertanding di ajang terbesar dalam dunia sepak bola itu.

Nike menjadi perusahaan olahraga yang paling banyak menjadi sponsor untuk kostum tim. Dari 32 negara yang berpartisipasi, ada 10 negara yang kostumnya disponsori oleh Nike. Negara yang digandeng Nike sebagian besar adalah negara yang punya peluang untuk menjadi juara.

Sebut saja Brasil, tuan rumah yang juga lima kali juara dunia. Tim Samba itu menggunakan kostum yang disponsori Nike. Finalis empat tahun lalu, Belanda juga digandeng Nike. Inggris, Prancis dan Portugal juga menggunakan kostum buatan perusahaan Amerika itu.

Lima negara lain yang disponsori Nike adalah Kroasia, Australia, Yunani, Korea Selatan dan Amerika Serikat.  Di bawah Nike, ada Adidas,perusahaan Jerman yang menjadi sponsor sembilan negara. Selain Jerman, juara bertahan Spanyol menggunakan kostum Adidas.

Tujuh negara lain yang disponsori Adidas adalah Argentina,Bosnia Herzegovina, Kolombia, Jepang, Meksiko, Nigeria dan Rusia. Selain Nike dan Adidas, Puma juga menjadi perusahaan olahraga yang banyak menjadi sponsor kostum negara peserta Piala Dunia.

Ada 8 tim yang disponsori Puma yaitu Aljazair, Kamerun, Chile, Ghana, Italia, Pantai Gading, Swiss dan Uruguay. Masih ada lima perusahaan olahraga lain yang masing-masing hanya menjadi sponsor untuk satu negara.

Belgia menggunakan Burdda (perusahaan olahraga dari Swiss), Honduras menggunakan Joma Sports (perusahaan dari Spanyol), Kosta Rika disponsori Lotto (perusahaan asal Italia), Ekuador menggunakan Marathon Sports (perusahaan adal Ekuador) dan Iran disponsori Uhlsports (perusahaan asal Jerman).

Siapa yang mampu membawa negara yang disponsorinya untuk menjadi juara Piala Dunia 2014. Jawabannya bisa diketahui pada 13 Juli nanti saat digelar partai pamungkas.

 

 

Sumber: Suara

Share Button

Related Posts



Article Tags