July 23, 2018

Peringkat Jokowi Sebagai Tokoh Islam Dunia Turun! Pengamat: Di Dunia Islam Posisi SBY Lebih Baik

Joko Widodo (ist)


intelijen – Citra Presiden Joko Widodo di dunia Islam semakin memburuk. Hal itu dibuktikan dari turunnya peringkat Jokowi di antara “500 Muslim Berpengaruh pada Dunia” versi The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC).

Pendapat itu disampaikan pengamat politik Muslim Arbi kepada intelijen (17/04). “Pada 2017 posisi Jokowi di urutan 12, pada 2018 posisi 16. Ini artinya di dunia Islam posisi Jokowi buruk karena peringkatnya turun,” kata Muslim Arbi.

Menurut Muslim, posisi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) lebih baik daripada Jokowi untuk peringat tokoh muslim berpengaruh di dunia. “SBY pada 2010 urutan 10 dan 2012 urutan 9. Ini artinya, SBY lebih bagus dibanding Jokowi dalam pandangan dunia Islam,” papar Muslim.

Muslim menilai, selama ini pendukung Jokowi selalu membanggakan Jokowi masuk tokoh dunia yang berpengaruh, tetapi tidak dilihat posisinya yang mengalami penurunan.

“Jokowi dikampanyekan orang paling baik termasuk di dunia Islam, tapi faktanya beda. Ketika dikasih fakta, pendukung Jokowi minta kasih solusi. Itu cara berfikir yang selalu dikampanyekan pendukung Jokowi,” jelas Muslim.

The Muslim 500: The Wolrd’s 500 Most Influential Muslims diberikan kepada sejumlah tokoh Muslim yang dianggap memiliki pengaruh di lingkungannya. Penghargaan dirilis oleh the Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC).

Tokoh Muslim yang terpilih memiliki kekuatan baik lewat pengaruh budaya, ideologi, politik atau keungan untuk melakukan perubahan dan berdampak pada Muslim dunia.

Red

Share Button

Related Posts