December 18, 2018

Perangkat Alexa Curi dan Sebar Percakapan Pengguna

Amazon Echo (ist)


intelijen – Perangkat rumah pintar (smart home) sedang menjadi tren terbaru di kalangan mereka yang antusias pada perkembangan teknologi.

Sudah bukan informasi baru pula bila perkembangan teknologi selalu diiringi munculnya masalah baru. Ini kembali terjadi pada kasus yang diakibatkan asisten pintar Alexa, bagian perangkat rumah pintar

Dilansir Bloomberg, Senin (28/5/2018), percakapan pasangan di negara bagian Oregon, Amerika Serikat (AS), tak sengaja terekam oleh perangkat Alexa, dan tersebar ke pihak lain.

Salah satu kolega dari pasangan itu langsung menelepon dan menyuruh mencabut sambungan Alexa karena diduga perangkat tersebut diserang hacker.

Amazon menyebut insiden itu bukanlah serangan hacker, tapi terjadi saat Echo (speaker Alexa) mendengar sebuah kata yang mirip dengan kata kunci perangkat, sehingga otomatis percakapan direkam.

Pasangan yang tak sadar sedang direkam terus berbicara, dan tak sengaja menyebut nama yang ditangkap Echo sebagai orang penerima rekaman dan percakapan tersebut malah dikirim tanpa sepengetahuan mereka.

“Meski runtutan kejadian ini sangat tidak mungkin terjadi, kami sedang mengevalusi opsi-opsi agar kasus serupa berkurang,” ucap Amazon dalam responsnya.

Kasus ini terjadi setelah lebih dari 40 juta orang memakai perangkat rumah pintar besutan Amazon. Perangkat seperti Alexa pun sedang terus dikembangkan oleh Amazon agar bisa bersaing dengan perangkat lain buatan Alphabet dan Apple.

Share Button

Related Posts