November 13, 2018

Pengemudi Ojek Online Ini Mengaku Lihat Lion Jatuh dengan Posisi Kepala di Atas

Anatasia Lorinda Dorkas Mengko/Kompas


intelijen – Seorang driver ojek online, Anatasia Lorinda Dorkas Mengko (30) menyambangi JICT 2, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018), pukul 13.10 WIB.

Tiba di JICT, Anastasia ditemui anggota Komite Nasional Keselamatan Transportasi ( KNKT), Margono dan Sigit Sasono.

Seperti dilansir Kompas.com, Kepada anggota KNKT, Tasya mengaku melihat saat pesawat tersebut jatuh dan melintas di tempat tinggalnya di Perumahan Binong Permai, Curug, Tangerang, pada Senin (29/10/2018) pukul 06.25 WIB.

“Yang pertama kali lihat anak saya. Dia bilang (ada pesawat jatuh), terus saya keluar. Pesawat (melaju) dari arah belakang rumah, suaranya bulat, enggak cempreng,” ujar Tasya.

“Setelah dia lewat begini, saya lihat ada asap antara roda. Tidak ada roda, lubang celah di antara roda. Saya lihat itu saja sudah,” ujar dia.

Tasya mengaku baru sadar akan peristiwa yang dilihatnya itu setelah media ramai memberitakan mengenai peristiwa jatuhnya Lion Air pukul 12.00 WIB.

“Pas saya pulang setengah pukul 12.00 saya lihat TV. Terus saya terduduk, ya Tuhan apa ini pesawat yang saya lihat tadi,” kata dia.
Ia pun berinisiatif untuk menyampaikan apa yang dilihatnya kepada KNKT.

Sebelumnya Black box Lion Air PK-LQP ditemukan. Black box diangkat di Kapal Baruna Jaya I. Black box ditemukan dalam penyelaman di titik koordinat dimana sinyal black box terdeteksi.

Penemuan ini dikonfirmasi oleh penyelam TNI AL Sertu Hendra. “Kami ikuti alat, kami kecilkan areanya lalu pada tempat yang alatnya menimbulkan bunyi sensitif kami gali lagi dan ternyata kami mendapatkan black box,” jelas Hendra, Kamis (1/11/2018), seperti dikutip dari detik.com.

Sehari sebelumnya, sinyal black box tertangkap transponder USBL. Sinyal tersebut berada pada koordinat S 05 48 48.051 – E 107 07 37.622 dan koordinat S 05 48 46.545 – E 107 07 38.393.

Pencarian black box diupayakan dengan menurunkan ROV dari Kapal Riset Baruna Jaya I. Pada pagi hari, ROV menangkap gambar serpihan pesawat di dasar laut. Petugas juga menggunakan ping locator untuk menangkap sinyal yang dipancarkan black box.

Sumber: Berbagai Sumber/Foto:Kompas

Share Button

Related Posts