December 10, 2018

Pengadilan Tinggi DKI Perkuat Putusan Penyuap Bupati Rita Widyasari

Febri Diansyah


intelijen – Pengadilan Tinggi DKI Jakarta telah menjatuhkan putusan atas upaya hukum banding yang diajukan oleh K‎omisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Hery Susanto Gun (Abun), terdakwa penyuap mantan Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari.

PT DKI sendiri menjatuhkan vonis tiga tahun enam bulan penjara terhadap Abun. Putusan banding dengan nomor perkara 17/Pid.Sus-TPK/2018/PT.DKI tersebut diketahui memperkuat vonis ‎Abun di tingkat pertama atau di tingkat Pengadilan Tipikor.

“KPK menghargai putusan tingkat banding tersebut yang memperkuat putusan tingkat pertama yang menyatakan perbuatan korupsi terdakwa terbukti dan menjatuhkan vonis 3 tahun 6 bulan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah melalui pesan singkatnya, Senin (12/11/2018).

KPK memandang putusan banding tersebut masih terlalu rendah dari tuntutan yang diajukan tim Jaksa. ‎Jaksa KPK sendiri menuntut Abun dengan pidana empat tahun enam bulan penjara. Alhasil, KPK mengajukan upaya hukum lanjutan terhadap Abun ke tingkat kasasi.

“Kami harap diproses kasasi nanti, majelis hakim di Mahkamah Agung dapat mempertimbangkan penjatuhan hukuman yang sesuai dengan perbuatan terdakwa,” terangnya.

Febri berharap Abun dapat d‎apat divonis sesuai dengan tuntutan jaksa di tingkat kasasi. Sebab, menurut Febri, ancaman maksimal terhadap pemberi suap hanya lima tahun dan itu jauh lebih rendah dari pihak penerima suap.

“KPK juga menyerahkan memori kasasi sebagai bahan pertimbangan untuk majelis hakim di tingkat kasasi. Sedangkan untuk kasus dugaan suap dan gratifikasi Rita Widyasari telah berkekuatan hukum tetap,” pungkasnya.

Sebelumnya, Direktur PT Sawit Golden Prima (PT SGP) divoni‎s tiga tahun enam bulan penjara oleh Pengadilan Tipikor Jakarta. Abun juga divonis untuk membayar denda sejumlah Rp200 juta subsidair dua bulan kurungan.

Abun terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah karena menyuap mantan Bupati Kukar, Rita Widyasari sebesar Rp6 miliar. Uang suap tersebut untuk memuluskan izin lokasi keperluan inti plasma perkebunan kelapa sawit yang akan digarap oleh perusahaan Abun.

Share Button

Related Posts