May 26, 2018

Pasukan Khusus Israel, Sayeret Shaldag (1)

Logo Sayeret Shaldag (flickr.com)


Logo Sayeret Shaldag (flickr.com)

INTELIJEN.co.id – Holocoust menjadi pengalaman paling traumatik bagi bangsa Yahudi.Dan karena peristiwa pembantaian oleh Nazi Jerman tersebut bangsa Yahudi bersatu padu membangun eksistensi dirinya.

Orang-orang Yahudi yang berhasil melarikan diri dari peristiwa itu kemudian mendirikan gerakan bawah tanah bernama Aliyah Bet, tujuannya satu, membawa orang-orang Yahudi ke Palestina.

Semenjak PD II berakhir, bangsa ini kemudian kembali ke tanah yang menurut mereka adalah hak mereka, Yerusalem. Untuk itu, pada 1947 mereka memasuki wilayah Palestina dan mengusir penduduk Palestina dari wilayahnya.

Untuk melindungi rakyatnya, Israel membentuk angkatan bersenjata.Di dalamnya terdapat pasukan khusus yang memiliki kemampuan di atas rata-rata pasukan khusus negara lain.

Pasukan khusus Israel tidak hanya bertugas melindungi warga Israel di wilayah negaranya. Tetapi juga melindungi orang-orang keturunan Yahudi yang berada di seluruh muka bumi, dan membawa mereka ke tanah harapan. Mereka pun sering terlibat operasi intelijen.

Salah satu pasukan khusus yang sering terlibat dalam operasi penyelamatan orang-orang Yahudi di luar negeri ini, adalah Sayeret Shaldag.

pasukan khusus ini merupakan salah satu dari beberapa pasukan khusus milik Angkatan Bersenjata Israel/Isareli Defence Force (IDF) yang berada di bawah kontrol Angkatan Udara Israel/Israeli Air Force (IAF). Unit khusus ini bisa digunakan oleh IDF untuk melaksanakan operasi di Timur Tengah.

Tidak seperti negara lain, Israel memiliki aturan ketat mengenai keberadaan pasukan khususnya. Unit khusus yang memiliki nama lain Unit 5101 ini baru diketahui publik secara luas, ketika nama mereka tercetak di sebuah brosur rekruitmen personel pada 1994.

Selama ini, unit yang dikenal juga sebagai Special Air-Ground Designating Team ini selalu berada di bawah bayang-bayang Sayeret Matkal dan Shayetet 13. Padahal, unit ini memiliki reputasi sebagai salah satu pasukan elit di IDF, setara dengan Sayeret Matkal. (repro INTELIJEN)

Share Button