October 23, 2018

Pangkalan PBB di Afrika Tengah Diberondong Tembakan

PBB. (ist)


intelijen – Pangkalan PBB di ibu kota Republik Afrika Tengah, Bangui, diberondong tembakan oleh orang tak dikenal pada Ahad (8/4) malam waktu setempat. Insiden tersebut menewaskan satu warga sipil dan menyebabkan puluhan lainnya luka-luka.

Juru bicara PBB Vladimir Monteiro mengatakan, orang tak dikenal itu menembaki bagian pangkalan yang menampung pasukan pemukim Mesir dan Yordania. Aksi baku tembak sempat terjadi antara pasukan yang berada di pangkalan dan pelaku penembakan.

“Kami membalas tembakan dan mengirim bala bantuan, dan tenang kembali setelah setengah jam (baku tembak berlangsung),” kata Monteiro menerangkan. Belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas aksi penyerangan tersebut.

Ribuan warga di Republik Afrika Tengah tewas sejak pemberontak Muslim Seleka menggulingkan presiden Francois Bozize pada 2013. Kekerasan di negara tersebut meningkat ketika mantan kekuatan kolonial Prancis mengakhiri misi pemeliharaan perdamaiannya pada 2016.

Sejak saat itu, misi PBB Afrika Tengah atau lebih dikenal dengan MINUSCA berupaya memulihkan dan mengembalikan ketertiban serta stabilitas di negara tersebut. Kendati demikian, personel MINUSCA kerap menjadi sasaran serangan kelompok milisi di sana.

Share Button

Related Posts