October 20, 2018

PAN tak Diundang di Pertemuan Sekjen Partai Koalisi, Pengamat: Jokowi Telah Ceraikan PAN

Joko Widodo dan Zulkifli Hasan (tempo)


intelijen – Partai Amanat Nasional (PAN) tidak diundang dalam pertemuan antara sekretaris jenderal partai koalisi pendukung pemerintah dengan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sekjen PAN Eddy Suparno mengatakan, partainya tidak mendapatkan undangan pertemuan itu.

Pengamat politik Ahmad Yazid menilai tidak diundangnya PAN dalam pertemuan di Seskab menjadi sinyal bahwa Joko Widodo telah menceraikan PAN dari partai koalisi pendukung Jokowi.

“Sekjen PAN tak diundang, berarti Jokowi sudah ceraikan PAN. Hanya sekjen PAN yang tidak diundang di Kantor Seskab,” tegas Ahmad Yazid kepada intelijen (08/05).

Menurut Yazid, Jokowi dan tim pemenangan menganggap PAN sudah tidak bisa diajak lagi dalam koalisi Pilpres 2019. Apalagi melalui sikap Amien Rais, bisa dibaca bahwa PAN sudah berseberangan dengan Jokowi.

“Melalui Amien Rais, PAN secara tidak langsung sudah menyatakan berseberangan dengan Jokowi,” beber Ahmad Yazid.

Kendati PAN dinilai telah berseberangan, kata Yazid, Jokowi belum akan memecat anggota kabinet yang juga kader PAN. “Jika Jokowi pecat kader PAN dari kabinet, justru berpotensi merugikan citra Jokowi saat ini,” kata Yazid.

Selanjutnya, Jokowi hanya akan “menyerang” PAN dan Amien Rais dengan memanfaatkan buzzer di sosial media. “Jokowi hanya memanfaatkan buzzer untuk menyerang PAN maupun Amien Rais,” pungkas Yazid.

Eddy Suparno sendiri sempat menampik kabar bahwa ketidakhadirannya pada pertemuan sekjen partai koalisi lantaran belakangan PAN tak lagi mesra dengan Pemerintahan Jokowi.

Red

Share Button

Related Posts