July 20, 2018

Pakar Komunikasi: Gandeng TGB, Jokowi akan Tumbang Jika Berhadapan dengan Anies-Cak Imin

Joko Widodo (ist)


intelijen – Pakar komunikasi dan bahasa dari UIN Syarif Hidayatulah, Edy Effendi, memperkirakan Joko Widodo akan menggandeng Muhamad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) dalam Pilpres 2019.

Menurut Edy, hal itu terlihat dari sinyal yang disampaikan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri soal moment waktu pengumuman cawapres Jokowi.

“Menggunakan istilah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, pengumuman itu, kata Hasto, mesti dilakukan saat cuaca cerah yakni ketika matahari terbit, bukan matahari tenggelam, sebab kata dia saat cuaca cerah akan menimbulkan banyak harapan.” Saya paham sinyal ini,” tulis Edy di akun Twitter @eae18.

Wartawan senior itu mengungkapkan, sinyal dari Megawati yang mengarah ke TGB itu mudah “ditangkap” bagi para pekerja bahasa. “Sinyal dari kubu PDIP, tentang pengumuman cawapres @jokowi dengan statemen “ketika matahari terbit, bukan matahari tenggelam”, ini bahasa politik tingkat tinggi. Sinyal itu mengarah pada TGB. Sinyal seperti ini mudah ditangkap bagi para pekerja bahasa,” beber
@eae18.

Bagaimana peluang pasangan Jokowi-TGB? Edy mengingatkan, Jokowi-TGB kemungkinan akan tumbang jika harus berhadapan dengan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Kok Cak @cakimiNOW gak masuk 10 orang daftar cawapres @jokowi? Hati-hati Pak JKW, Cak Imin ini punya pengalaman segudang dalam dunia politik. Kalau Pak JKW gak gandeng Cak Imin, terus berhadapan dengan Anies – Cak Imin, kemungkinan Pak JKW tumbang meski Pak JKW gandeng TGB,” tegas @eae18.

“Kekuatan” Anies dan Cak Imin, kata Edy, bisa menggerus Jokowi-TGB. “Jika JKW – TGB vs Anies – Cak Imin, kemungkinan peluang mengalahkan JKW sangat besar. Kekuatan Anies pada basis massa “garis keras” dan Cak @cakimiNOW dari sebagian besar kalangan NU, bisa menggerus JKW – TGB,” catat @eae18.

Sebelumnya, nama Cak Imin juga tidak muncul dalam survei “Lima Tokoh Ideal Cawapres Jokowi” yang digelar Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Berdasarkan survei tersebut, lima tokoh yang ideal mendampingi Jokowi adalah Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Share Button

Related Posts