August 20, 2018

Oposisi Menang di Malaysia, Aktivis Malari 74: Ada Efek Domino ke RI, Istana dan Relawan Jokowi Panik!

Mahathir Mohamad (afp)


intelijen – Kemenangan oposisi di Malaysia di bawah pimpinan Mahathir Mohamad membuat Istana dan relawan Joko Widodo semakin panik. Kemenangan Mahathir ini dinilai membawa efek domino ke Indonesia.

Pendapat itu disampaikan aktivis Malari 74, Salim Hutadjulu (11/05). “Kepanikan itu terlihat pasca kemenangan oposisi di Malaysia. Lihat saja, buzzer Istana di sosmed tidak ada yang mengucapkan selamat. Mereka terlihat semakin panik,” beber Salim Hutadjulu.

Menurut mantan tahanan politik era Soeharto ini, kemenangan Mahathir mempunyai efek domino terhadap perpolitikan di Indonesia. “Najib yang diunggulkan semua lembaga survei bisa kalah di Pemilu melawan Mahathir dan kelompoknya,” papar Salim.

Salim mengingatkan, isu yang diusung oposisi Malaysia dan Mahathir hampir sama di Indonesia. “Isu Tenaga Kerja Asing (TKA) China mendapat sorotan dari Mahathir. Termasuk isu korupsi kelompok Najib. Di Indonesia isu e-KTP, belum lagi dugaan kasus suap adik ipar Jokowi, mendapat sorotan tajam,” papar Salim.

Di Indonesia sendiri, kata Salim, konsolidasi oposisi semakin kuat dengan gerakan #2019GantiPresiden yang digalang kalangan kelas menengah dan anak muda.

“Gerakan ini dengan membawa isu kenaikan harga pokok bisa menyadarkan masyarakat di pedesaan untuk melawan pencitraan Jokowi. Mereka ini membawa fakta-fakta janji Jokowi yang tidak ditepati,” tegas Salim.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah meyakini, kemenangan kelompok oposisi pada pemilu Malaysia akan merembet ke Indonesia.

Fahri memprediksi, koalisi pemerintahan Presiden Jokowi juga akan tumbang dan dikalahkan oleh oposisi pada 2019. “Kemenangan Mahathir peringatan keras bagi pemerintah di Indonesia agar berhati-hati membaca perasaan dan aspirasi masyarakat. Kalau tidak, gejala tumbangnya pemerintahan sudah nampak di depan mata. Jadi waspada lah,” kata Fahri seperti dikutip kompas (11/05).

Red

Share Button

Related Posts